PENERAPAN MEDIA BANTU UNTUK PEMBELAJARAN GURU DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH ABA GIWANGAN YOGYAKARTA

Erni Seniwati

Abstract


Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah ABA Giwangan Yogyakarta berlokasi di Jalan Mendung warih No.157, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. TK Aisyiyah ABA Giwangan memiliki 2 (dua) level kelas yaitu kelas A dan kelas B. Kelas A merupakan tingkatan TK kecil dan kelas B merupakan tingkatan TK besar. Di TK ABA Giwangan memiliki 14 orang guru yang sudah kepala sekolah dan staff tendik. Tugas guru tidak hanya mengajar saja tetapi juga harus bisa melaksanakan dan menyelesaikan tugas administratif secara benar dan maksimal. Beberapa pekerjaan administratif para guru adalah membuat laporan keuangan untuk masing-masing kegiatan yang melibatkan keuangan serta membuat laporan kinerja masing-masing. Selama ini para guru tidak memiliki kemampuan yang merata dalam menggunakan teknologi komputer, contoh nya aplikasi komputer yang sangat sederhana yaitu Office. Pelatihan Office diberikan kepada para guru dikarenakan ditemui permasalahan bahwa para guru membuat laporan keuangan dengan cara manual yaitu mencatat di buku besar dan kemudian menyerahkan ke tendik agar tendik menindaklanjuti dengan merekap menggunakan Excell. Untuk tujuan pemerataan keterampilan para guru dalam menggunakan aplikasi komputer Office maka dilakukan pelatihan Office dengan tujuan agar para guru benar-benar bisa mengenal antar muka aplikasi Office yaitu Excell dan dapat mengoperasikannya. Selain itu juga dapat menggunakan formula di dalam Excell untuk mempermudah proses perhitungan serta dapat memanfaatkan Excell untuk perhitungan dan pengaturan laporan dengan otomatisasi. Pelatihan Excell dapat terlaksana dengan baik kepada para guru di Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah ABA Giwangan Yogyakarta didukung media bantu berupa proyektor. Penyediaan media bantu proyektor ini tidak hanya dapat berguna pada saat adanya kegiatan pelatihan untuk para guru tetapi dapat menjadi barang inventaris sekolah yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran lainnya. Pelatihan Excell telah dilakukan dengan memanfaatkan media bantu proyektor agar semua guru mendapatkan instruksi yang sama dari pemateri. Pelatihan Excell dilakukan dengan memberikan pre test dan post test untuk mengukur keberhasilan kegiatan pelatihan ini.

 

Kata kunci: guru, Excell, pelatihan, proyektor


Full Text:

PDF

References


Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. 2002. Jakarta: Ciputat Pers.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002).hlm 117.

Haryoko, Ferri Wicaksono. (2018). Pelatihan Aplikasi Microsoft Office dan Desain Grafis Di KB Minhajul Karoomah. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2018 "Implementasi Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat". Yogyakarta: Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta.

Adi, S. (2018). Pelatihan Penerapan Aplikasi Office Kepada Guru da Karywan SDN Ngringin Condongcatur Yogyakarta. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2018 "Implementasi Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat". Yogyakarta: Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta.

Pertiwi, H. I. (2018, Volume 01, Edisi 01). Pelatihan Microsoft Office untuk Karyawan dan Kelompok PKK Kelurahan Sawah Baru Tangerang Selatan. SEMBADHA 2018 (Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat). Tangerang Selatan: PKN STAN Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.