STRATEGI PENINGKATAN MODEL LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V.3 DAN COBIT 4.1 DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Khairul Sani, Wing Wahyu Winarno, Silmi Fauziati

Abstract


 Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di perguruan tinggi merupakan upaya yang sudah seharusnya dilakukan. Pemanfaatan sistem informasi tentunya harus selaras dengan teknologi informasi yang ada. Perkembangan sistem informasi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada dasarnya sudah dilakuakn namun belum secara optimal. Penerapan SOP akademik sebagian masih bersifat konvensional, belum optimalnya sistem informasi yang ada seperti SIA untuk melakukan fungsi layanan akademik. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan identifikasi kebutuhan bisnis pada perancangan model pelayanan akademik pada mahasiswa di UAD. Analisis data yang dilakukan yaitu membuat proses bisnis pelayanan akademik, menganalisis kondisi saat ini dan harapan masa depan (To-Be) menggunakan COBIT domain Delivery and Support (DS), serta membuat arsitektur teknologi menggunakan metode IT Infrastructure Library (ITIL) V.3 pada bagian service desain. Sehingga peningkatan pemodelan layanan akademik mahasiswa di UAD dapat dilakukan untuk memaksimalkan layanan akademik. Dari hasil uji kelayakan sistem menunjukan bahwa sistem yang diusulkan dapat diimplementasikan dan mendukung organisasi dalam meningkatkan pelayanan di UAD.


Full Text:

PDF

References


Hamidin Dini., 2008, Model Manajemen Pelayanan di Institusi Pendidikan, http://journal.uii.ac.id, diakses tanggal 22 Oktober 2012.

Wisswani Wayan., 2010, Kajian Potensi Implementasi CRM di lingkungan Politeknik Negeri Bali, http://ejournal.unud.ac.id, diakses tanggal 20 Oktober 2012.

Ladjamudin, Al-Bahra Bin.2006.Rekayasa Perangkat Lunak.Tangerang : Graha Ilmu

Bernard Pierre, 2009, An Introductory Overview of ITIL V.3 : A High Level overview of the IT Infrastructure Library, http://ilmukomputer.org, diakses tanggal 29 Oktober 2012.

Orand, B. 2011. Foundation of IT Service Management with ITIL 2011. USA: ITILYaBrady.

Brand Koen, Metode Cobit Untuk Manajemen Pelayanan IT, http://plasmedia.com, diunduh tanggal 3 November 2012.

Mafatihus Solehah Husniati, Perencanaan Sistem Informasi di Fakultas Teknologi Industri UNIVERSITAS XYZ menggunakan kerangka kerja Zachman,2011.

Aulia Nur, Pembuatan Model Tata Kelola IT untuk Proses Akademik Menggunakan Cobit 4.1 Studi Kasus :Universitas XYZ, 2012.

Yulianingsih Dyah Ayu, Pembuatan Enterprise Arsitektur Planning Teknologi Informasi Layanan Akademik menggunakan Zachman Framework Studi Kasus : Universitas XYZ, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.