ANALISIS KOMBINASI METODE CAESAR CIPHER, VERNAM CIPHER, DAN HILL CIPHER DALAM PROSES KRIPTOGRAFI

Khairani Puspita, M. Rhifky Wayahdi

Abstract


Kriptografi berasal dari kata “Crypto” yang berarti rahasia dan “graphy” yang berarti tulisan. Jadi, kriptogafi adalah tulisan yang tersembunyi. Banyak metode yang dapat digunakan dalam proses kriptografi seperti Caesar Cipher, Vernam Cipher, Hill Cipher, dan lain sebagainya. Pada penelitian ini penulis akan mengkombinasikan metode Caesar Cipher, Vernam Cipher, dan Hill Cipher dalam proses kriptografi (enkripsi dan dekripsi). Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa metode Caesar Cipher, Vernam Cipher, dan Hill Cipher adalah jenis kriptografi klasik yang cukup kuat jika dilihat dari segi keamanannya dengan sedikit modifikasi. Ketiga metode ini dapat dikombinasikan menjadi satu dalam proses kriptografi (enkripsi dan dekripsi) dengan tingkat keamanan yang sangat baik dan sulit untuk dipecahkan. Kombinasi metode Caesar Cipher, Vernam Cipher, dan Hill Cipher ini hanya membutuhkan sebuah kunci (key) dalam proses enkripsi maupun dekripsi yang akan memudahkan kita untuk mengingatnya.


Full Text:

PDF

References


Andrian, Yudhi, Kombinasi Kriptografi Caesar Cipher dan Steganografi Citra Digital Metode LSB, 2014.

Dey, Somdip, SD-AREE: A New Modified Caesar Cipher Cryptographic Method Along with Bit-Manipulation to Exclude Repetition from a Message to be Encrypted, 2013.

Ryabko, Boris, The Vernam Cipher is Robust to Small Deviations from Randomness. 9 Mar 2013.

Magambar, Kondwani, et al., Variable-length Hill Cipher with MDS Key Matrix, 2012.

Farmambar, Mina and Alexander G. Chefranov, Investigation of Hill Cipher Modification Based on Permutation and Iteration, International Journal of Computer Science and Information Security (IJCSIS), Vol. 10, No. 9, September 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.