IMPLEMENTASI FUZZY MAMDANI DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN KESESUAIAN BIDANG PEMINATAN MAHASISWA (STUDI KASUS : UNIVERSITAS POTENSI UTAMA)

Alfa Saleh

Abstract


Universitas Potensi Utama adalah sebuah instansi yang bergerak dalam bidang pendidikan. Dimana kualitas pendidikan menjadi prioritas utama guna menciptakan lulusan - lulusan yang kompeten di bidangnya, dan untuk meningkatkan kualitas itulah Universitas Potensi Utama membuka kelas peminatan bagi Mahasiswa- Mahasiswa yang memiliki minat dan bakat khususnya di dunia Teknologi Informasi berdasarkan jurusan yang meraka ambil di Universitas Potensi Utama, oleh karena itu dalam memilih bidang peminatan tersebut ada beberapa kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. Untuk itu diperlukan suatu metode yang dapat menghitung segala kriteria yang mendukung dalam menentukan seberapa besar persentase kesesuaian mahasiswa tersebut untuk masuk ke bidang peminatan yang dipilih. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy Mamdani. Adapun pengujian yang dilakukan menggunakan Matlab dengan inputan berupa nilai Grafika Komputer sebesar 3, Sistem Multimedia sebesar 2.50 dan Pengolahan Citra Digital sebesar 3.75 maka dihasilkan nilai kesesuaian berdasarkan penerapan metode fuzzy mamdani sebesar 75 %.  


Full Text:

PDF

References


Wirawan Agus M.I, “Sistem Fuzzy Pendukung Keputusan untuk Diagnosa Kanker Payudara,” SNATI, Yogyakarta,21 Juni 2014.

Santoso Imam, dkk, “Penerapan Logika Fuzzy Pada Penilaian Mutu Susu Segar,” Jurnal Teknologi Pertanian, vol.11 , No.1, pp. 47-53, April 2010.

Kusumadewi, Sri dan Sri Hartati, Neuro Fuzzy Integrasi Sistem Fuzzy dan Jaringan Syaraf(Edisi Kedua),Yogyakarta : Graha Ilmu, 2010.

Kusumadewi, Sri. 2003. “Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya)”, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2002.

Sutikno, Waspada Indra, “Perbandingan Metode Defuzzifikasi Sistem Kendali Logika Fuzzy Model Mamdani Pada Motor DC,” Jurnal MAsyarakat Informatika, vol.2 , No. 3, pp. 27-37, ISSN 2086-4930.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.