PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING GRAMMAR IMBUHAN BAHASA INDONESIA UNTUK ORANG ASING

Mariam Coulibaly, Suyoto Suyoto, Sigit Purnomo

Abstract


M-Learning (mobile learning) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan device bergerak dimana pembelajar dapat mengakses materi, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pelajaran tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, dimanapun dan kapanpun mereka berada. Dengan bermacam-macam budaya dan pertumbuhan ekonomi yang menempati 16 besar kekuatan ekonomi dunia, banyak orang asing datang ke Indonesia untuk mengunjungi tempat wisata, bekerja atau belajar. Dengan mempelajari bahasa Indonesia orang asing dapat berkomunikasi lebih mudah dengan masyarakat. Namun 85% mahasiswa asing di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta menghadapi kesulitan pemahaman tata bahasa imbuhan dalam proses belajar bahasa Indonesia. Aplikasi mobile learning tata bahasa imbuhan bahasa Indonesia berbasis android merupakan pilihan untuk mengatasi masalah yang ada. Aplikasi mobile learning ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman java, Eclipse sebagai tools, dan dapat diakses dengan menggunakan smartphone android. Aplikasi ini terdiri dari pelajaran tentang imbuhan Prefiks (ber, men, ter, pen), Sufiks (an), Konfiks (men-kan, men-i, ke-an, per(pen)-an) dan latihan kuis. Aplikasi diuji dengan 30 mahasiswa asing, hasil pengujian menunjukkan efektivitas dan efisiensi aplikasi dan aplikasi diterima dengan baik oleh 80% mahasiswa asing.


Full Text:

PDF

References


M. Coulibaly, "Kesulitan Mahasiswa asing dalam belajar Bahasa

Indonesia," Universitas Atmajaya Yogyakarta, Yogyakarta, 2014.

C. Quinn, "M-learning, Mobile Wireless in Your Pocket

Learning," 2000.

G. Tsvetozar, G. Evgenia and S. Angel, "M-Learning - a New

Stage of Е-Learning," International Conference on Computer

Systems and Technologies - CompSysTech, 2004.

H. Md. Masudul and T. B. Hoon, "Podcast Applications in

Language Learning: A Review of Recent Studies," English

Language Teaching, Vol.6, No.2, 2013.

Y. Yi-Sheng, L. Yu-Ying, H. Yao-Lin and Wen-H, "The

Evaluation of Use the Mobile Phone Learning English in

Taiwan," International Journal of Information and Education

Technology, Vol. 3, No. 2 , 2013.

P. Jiranantanagorn, R. Goodwin and C. Mooney, " A Proposed

Mobile Learning System for Thai Public Universities," The 8th

International Conference on Information Technology and

Applications, 2013.

O. Salameh, "A Multimedia Offline Cell Phone System For

English Language Learning," International Arab Journal of e-

Technology, Vol 2, N°1, 2011.

T. Vincent and H. Chao, "An Intelligent e-learning Software for

Learning to Write Correct Chinese Characters on Mobile

Devices," Interactive Technology and Smart Education, Vol. 9,

No. 4, pp. 191-203, 2012.

I. Johanna Wulansari and Indrianti, "Pelangi Bahasa Indonesia

Podcast: What, Why and How?," Electronic Journal of Foreign

Language Teaching, Vol.8, Supp.1, p. 371–384, 2011.

H. Bin, O. Hiroaki, K. Toma, L. Mengmeng and U. Noriko,

"PACALL:Supporting Language Learning Using SenseCam,"

International Journal of Distance Education Technologies,

Vol.11, No.1, pp. 14-30, 2013.

C. Chiu-Jung, "Using Concept Mapping Instruction in Mobile

Phone to Learning English Vocabulary," Creative Education,

Vol.5, No.1, pp. 4-6, 2014.

C. Nadire and I. Dogan, "British Journal of Educational

Technology," m-Learning: An experiment in using SMS to

support learning new English language words, Vol 40, No 1, pp.

-91, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.