PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING GRAMMAR IMBUHAN BAHASA INDONESIA UNTUK ORANG ASING
Abstract
M-Learning (mobile learning) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan device bergerak dimana pembelajar dapat mengakses materi, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pelajaran tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, dimanapun dan kapanpun mereka berada. Dengan bermacam-macam budaya dan pertumbuhan ekonomi yang menempati 16 besar kekuatan ekonomi dunia, banyak orang asing datang ke Indonesia untuk mengunjungi tempat wisata, bekerja atau belajar. Dengan mempelajari bahasa Indonesia orang asing dapat berkomunikasi lebih mudah dengan masyarakat. Namun 85% mahasiswa asing di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta menghadapi kesulitan pemahaman tata bahasa imbuhan dalam proses belajar bahasa Indonesia. Aplikasi mobile learning tata bahasa imbuhan bahasa Indonesia berbasis android merupakan pilihan untuk mengatasi masalah yang ada. Aplikasi mobile learning ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman java, Eclipse sebagai tools, dan dapat diakses dengan menggunakan smartphone android. Aplikasi ini terdiri dari pelajaran tentang imbuhan Prefiks (ber, men, ter, pen), Sufiks (an), Konfiks (men-kan, men-i, ke-an, per(pen)-an) dan latihan kuis. Aplikasi diuji dengan 30 mahasiswa asing, hasil pengujian menunjukkan efektivitas dan efisiensi aplikasi dan aplikasi diterima dengan baik oleh 80% mahasiswa asing.
Full Text:
PDFReferences
M. Coulibaly, "Kesulitan Mahasiswa asing dalam belajar Bahasa
Indonesia," Universitas Atmajaya Yogyakarta, Yogyakarta, 2014.
C. Quinn, "M-learning, Mobile Wireless in Your Pocket
Learning," 2000.
G. Tsvetozar, G. Evgenia and S. Angel, "M-Learning - a New
Stage of Е-Learning," International Conference on Computer
Systems and Technologies - CompSysTech, 2004.
H. Md. Masudul and T. B. Hoon, "Podcast Applications in
Language Learning: A Review of Recent Studies," English
Language Teaching, Vol.6, No.2, 2013.
Y. Yi-Sheng, L. Yu-Ying, H. Yao-Lin and Wen-H, "The
Evaluation of Use the Mobile Phone Learning English in
Taiwan," International Journal of Information and Education
Technology, Vol. 3, No. 2 , 2013.
P. Jiranantanagorn, R. Goodwin and C. Mooney, " A Proposed
Mobile Learning System for Thai Public Universities," The 8th
International Conference on Information Technology and
Applications, 2013.
O. Salameh, "A Multimedia Offline Cell Phone System For
English Language Learning," International Arab Journal of e-
Technology, Vol 2, N°1, 2011.
T. Vincent and H. Chao, "An Intelligent e-learning Software for
Learning to Write Correct Chinese Characters on Mobile
Devices," Interactive Technology and Smart Education, Vol. 9,
No. 4, pp. 191-203, 2012.
I. Johanna Wulansari and Indrianti, "Pelangi Bahasa Indonesia
Podcast: What, Why and How?," Electronic Journal of Foreign
Language Teaching, Vol.8, Supp.1, p. 371–384, 2011.
H. Bin, O. Hiroaki, K. Toma, L. Mengmeng and U. Noriko,
"PACALL:Supporting Language Learning Using SenseCam,"
International Journal of Distance Education Technologies,
Vol.11, No.1, pp. 14-30, 2013.
C. Chiu-Jung, "Using Concept Mapping Instruction in Mobile
Phone to Learning English Vocabulary," Creative Education,
Vol.5, No.1, pp. 4-6, 2014.
C. Nadire and I. Dogan, "British Journal of Educational
Technology," m-Learning: An experiment in using SMS to
support learning new English language words, Vol 40, No 1, pp.
-91, 2009.
Refbacks
- There are currently no refbacks.