IMPLEMENTASI METODE KRIPTOGRAFI IDEA DENGAN FUNGSI HASH DALAM PENGAMANAN INFORMASI

Ramen Antonov Purba

Abstract


Pesatnya penggunaan teknologi berbasis komputerisasi tentunya dibarengi dengan meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis komputerisasi. Teknologi yang berkembang pesat menyebabkan banyak pihak juga mengambil keuntungan dari perkembangan tersebut. Tidak sedikit yang melakukan kecurangan dengan melakukan pencurian,penyadapan, perubahan maupun pengerusakan data. Kecurangan ini tentunya harus diatasi agar tidak banyak pihak yang dirugikan. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mempergunakan teknik kriptografi. Kriptografi identik dengan penyandian data. Ketika data penting disandikan maka hak akses dari oknum yang tidak bertanggung jawab dapat dihindarkan. Kriptografi memiliki banyak metode dalam melakukan penyandian, yang salah satunya dengan mempergunakan metode IDEA. Metode IDEA menyediakan keamanan yang cukup tinggi yang tidak didasarkan atas kerahasiaan algoritmanya akan tetapi lebih ditekankan pada keamanan/kerahasian kunci yang digunakan.

Diharapkan dengan menggunakan konsep pengamanan dengan mempergunakan kriptografi dengan Metode IDEA dapat menjadi solusi yang baik. Dengan menggabungkan metode IDEA untuk mengenkripsi data dan fungsi hash untuk mengetahui adanya perubahan terhadap data diharapkan tingkat keamanan menjadi lebih baik. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah perangkat lunak yang mampu melakukan enkripsi dan dekripsi terhadap data, men-generate security key berdasarkan data yang dienkripsi.


Full Text:

PDF

References


Management Information Systems: Managing The Digital Firm (Pearson International Edition) Kenneth C. Laudon, Jane P. Laudon 2000.

Schneier B., Applied Crytography, Second Edition, John Wiley & Sons, Inc., 1996.

A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone - Handbook of Applied Cryptography, 2000.

Kholidya Yuli Wardani dkk “Implementasi Metode Kriptografi IDEA pada Priority Dealer untuk Layanan Pemesanan dan Laporan Penjualan Handphone Berbasis Web", in Proc. ITS 2011.

Gregorius S. Budhi ST., MT. “Fungsi Hash SNEFRU dan Metode Enkripsi IDEA untuk Keamanan Dokumen Elektronik” jurnal IDEASNEFRU, UK Petra, 2009.

Jethefer Stevens, “Studi Perbandingan Algoritma IDEA dengan DES”, Proyek akhir, ITB, 2006.

Fahmi, Ahmad ”Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Metode Kriptografi IDEA” , Proyek akhir PENS-ITS, 2009.

Taufik Hidayat ”Sistem Kriptografi IDEA” , Proyek akhir ITB, 2009.

Dwi Tri Agustina ”Perancangan Dan Implementasi Sistem Keamanan Data Menggunakan Algoritma Kriptografi Simetri IDEA” , Proyek akhir USU, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.