PROTOTIPE SISTEM PEREKRUTAN TENAGA KERJA ONLINE: STUDI KASUS PT. RI

Abdul Hayat, Euis Siti Nur Aisyah, Dewi Sekartaji, Angga Try Vicani, Dendy Witarahman

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi tidak bisa terelakkan didalam kegiatan bisnis, termasuk di PT RI yang bergerak dalam bidang Engineering & Construction. Perusahaan ini layaknya sebuah perusahaan konsultan dan kontraktor pabrik-pabrik industri. Penyelesaian kontrak proyek secara profesional sesuai kualitas, biaya serta tepat waktu, menjadi tuntutan yang harus dipenuhi dan tetap dijaga. Tenaga kerja PT RI merupakan aktor kunci keberhasilan perusahaan, oleh karena itu kebutuhan akan tenaga kerja ahli yang spesifik menjadikan proses perekrutan pegawai atau tenaga kerja menjadi kebutuhan kunci bagi PT RI agar mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi Perekrutan Tenaga Kerja Berbasis Web yang dibangun dengan menggunakan PHP(Personal HomePage) dan alat bantu Macromedia Dreamweaver 8 serta database MySQL. Hasil penelitian ini adalah prototipe aplikasi perekrutan tenaga kerja online yang memiliki fitur yang lebih luas jangkauannya, mampu untuk menangani seleksi tenaga kerja dengan biaya yang lebih efektif sesuai dengan kebutuhan sehingga staf Human Resources Management tidak perlu memeriksa semua lamaran yang masuk dan memproses lebih lanjut seleksi penerimaan tenaga kerja, dan dapat melihat daftar pelamar kapan saja dengan mudah, karena data pelamar tersimpan dalam database.  


Full Text:

PDF

References


Kadir, Abdul, “Pengenalan Sistem Informasi”, Andi Publisher, Yogyakarta, 2008.

Pujadi, Tri, “Design Computer-Based Application for Recruitment and Selection Employee at PT. Indonusa Telemedia”, Jurnal CCIT Tangerang, 2010.

Suhendar, Haris Sandi, “Perancangan Sistem Informasi ERecruitment Pegawai Pada Stasiun Televisi Trans7”, Tesis: STMIK Raharja, 2012

Herhoeven, Helen, Williams, Sue, “Advantages and Disadvantages of Internet Recruitment : A UK Study into Imployers’ Perceptions ”, International Review of Business Research, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.