DESAIN PEMBANGUNAN GAMES REBOISASI DENGAN MENGGUNAKAN MDA FRAMEWORK

Dian Octora Effendi, Dinnar Dian Winandya

Abstract


Reboisasi merupakan kegiatan penanaman kembali hutan yang gundul dan berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara, serta dimanfaatkan hasilnya (terutama kayu)Perkembangan teknologi game di dunia game begitu berkembang pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Hadirnya banyak jenis - jenis game sudah menjadi layanan hiburan di berbagai kalangan masyarakat. Industri pengembangan game pun sudah menjadi hal yang sangat menjanjikan karena begitu tinggi tingkat konsumsi game. Seiring dengan teknologi yang sudah semakin canggih, banyak munculnya game engine yang memudahkan untuk membuat sebuah game. MDA(Mechanics, Dynamics, Aesthetic) merupakan framework yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan menggunakan metodologi MDLC ( Multimedia Development Life Cycle ) yang terdiri dari pencarian data dengan study literatur setelah terkumpulnya data maka dilakukan tahapan analisis yang nantinya akan dibuat perancangan pembuatan games dan tahap akhir implementasi games tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkannnya desain pembangunan games reboisasi yang berlandaskan permasalahan kurangnya pengetahuan terhadap kegiatan reboisasi.  


Full Text:

PDF

References


Winandya, Dian, Dinnar. Effendi, Octora, Dian "Laporan Pemograman Game Reboisasi", 2013, Bandung.

Hunicke, Robin. Le Blanc, Marc. Zubek, Robert. "MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research", 2004, San Jose.

Bactiar, Firman “Eksplorasi Software Construct 2, 2014, Bandung.

Vaughan, Tay, Multimedia : Making It Work. Edisi 6, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta Tahun 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.