Game Edukasi Pengenalan Transportasi dan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Flash (Studi Kasus: TK ABA Pokoh)
Abstract
Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Pokoh berdiri tahun 1983.Berlokasi di Dusun Rejosari Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman Propinsi DI Yogyakarta. Dalam pelajaran bahasa inggris terdapat beberapa permasalahan yaitu murid susah untuk menangkap materi bahasa inggris mengenai transportasi dan pekerjaan, anak lebih suka bermain daripada belajar dan pemilihan game yang salah mempengaruhi rusaknya pola fikir dan moral kepribadian anak menjadi menyimpang. Diharapkan game edukasi pengenalan bahasa inggris ini dapat membantu guru untuk membangkitkan imajinasi muridnya, membantu guru dalam menunjang penyampaian materi Bahasa Inggris dan memberikan permainan edukasi bagi murid. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah game edukasi pengenalan bahasa inggris untuk taman kanak-kanak menggunakan flash. Metode pengumpulan data dengan metode studi pustaka,wawancara, dan observasi. Tahap pembuatan game edukasi yaitu meliputi gambaran sistem, analisis sistem, perancangan sistem dan implementasi rancangan. Pengujian program dilakukan menggunakan black box test dan alpha test. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah game edukasi yang dapat membantu guru untuk membangkitkan imajinasi muridnya, membantu guru dalam menunjang penyampaian materi Bahasa Inggris dan memberikan permainan edukasi bagi murid. Hasil pengujian black box test yaitu game edukasi sudah berjalan sesuai dengan fungsinya. Pengujian alpha test yaitu sistem mempunyai tampilan yang menarik dan user friendly atau mudah serta dapat bermanfaat sesuai fungsinya dengan presentasi hasil pengujian 37 % untuk sangat setuju 61.5 % untuk setuju.
Full Text:
PDFReferences
Kurniawan Herman. 2009. Pendukung materi
taman pendidikan Al-Qur’anmelalui game edukasi
untuk anak umur 6-10 tahun menggunakan
macromedia flash 8.Tugas akhir S-1. Universitas
Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.
Alif harsan. 2012. Jago Membuat Game
Komputer. Media Kita.
Zaroh, N. 2012. Availablehttp://eprint.uny.ac.id/,
online. diakses 25 Oktober 2013
Ansari, Andri. 2010. Game “Ice Cream Kang
Cepot” menggunakan Adobe Flash Cs4. Skripsi.
Yogyakarta: MIPA UGM.
Azim, Muhammad Syahriar. 2010. Media
pembelajaran bahasa inggris tentang numbering
untuk taman kanak-kanak berbasismultimedia (Studi
Kasus TK IT Salman Al-Farisi Yogyakarta) . Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Teknologi Industri UAD.
Hurd dan Jenuings. 2009. available
http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=170047.
Online.
S Darma Jarot, Ananda Shenia. 2009. Buku pintar
menguasai multimedia. Jakarta: Media Kita.
Refbacks
- There are currently no refbacks.