Game Edukasi Pengenalan Transportasi dan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Flash (Studi Kasus: TK ABA Pokoh)

Yusuf Bintoro, Wahyu Pujiyono

Abstract


Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Pokoh berdiri tahun 1983.Berlokasi di Dusun Rejosari Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman Propinsi DI Yogyakarta. Dalam pelajaran bahasa inggris terdapat beberapa permasalahan yaitu murid susah untuk menangkap materi bahasa inggris mengenai transportasi dan pekerjaan, anak lebih suka bermain daripada belajar dan pemilihan game yang salah mempengaruhi rusaknya pola fikir dan moral kepribadian anak menjadi menyimpang. Diharapkan game edukasi pengenalan bahasa inggris ini dapat membantu guru untuk membangkitkan imajinasi muridnya, membantu guru dalam menunjang penyampaian materi Bahasa Inggris dan memberikan permainan edukasi bagi murid. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah game edukasi pengenalan bahasa inggris untuk taman kanak-kanak menggunakan flash. Metode pengumpulan data dengan metode studi pustaka,wawancara, dan observasi. Tahap pembuatan game edukasi yaitu meliputi gambaran sistem, analisis sistem, perancangan sistem dan implementasi rancangan. Pengujian program dilakukan menggunakan black box test dan alpha test. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah game edukasi yang dapat membantu guru untuk membangkitkan imajinasi muridnya, membantu guru dalam menunjang penyampaian materi Bahasa Inggris dan memberikan permainan edukasi bagi murid. Hasil pengujian black box test yaitu game edukasi sudah berjalan sesuai dengan fungsinya. Pengujian alpha test yaitu sistem mempunyai tampilan yang menarik dan user friendly atau mudah serta dapat bermanfaat sesuai fungsinya dengan presentasi hasil pengujian 37 % untuk sangat setuju 61.5 % untuk setuju.


Full Text:

PDF

References


Kurniawan Herman. 2009. Pendukung materi

taman pendidikan Al-Qur’anmelalui game edukasi

untuk anak umur 6-10 tahun menggunakan

macromedia flash 8.Tugas akhir S-1. Universitas

Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Alif harsan. 2012. Jago Membuat Game

Komputer. Media Kita.

Zaroh, N. 2012. Availablehttp://eprint.uny.ac.id/,

online. diakses 25 Oktober 2013

Ansari, Andri. 2010. Game “Ice Cream Kang

Cepot” menggunakan Adobe Flash Cs4. Skripsi.

Yogyakarta: MIPA UGM.

Azim, Muhammad Syahriar. 2010. Media

pembelajaran bahasa inggris tentang numbering

untuk taman kanak-kanak berbasismultimedia (Studi

Kasus TK IT Salman Al-Farisi Yogyakarta) . Skripsi.

Yogyakarta: Fakultas Teknologi Industri UAD.

Hurd dan Jenuings. 2009. available

http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=170047.

Online.

S Darma Jarot, Ananda Shenia. 2009. Buku pintar

menguasai multimedia. Jakarta: Media Kita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.