PENENTUAN KUALITAS KAYU UNTUK KERAJINAN MEUBEL DENGAN METODE AHP

Ria Eka Sari

Abstract


Kayu merupakan elemen utama yang sangat menentukan kualitas suatu produk meubel atau kerajinan kayu yang lain. Meubel pada mulanya merupakan industri kerajinan furniture dan ukir-ukiran kayu jati, sehingga produk furniture yang dihasilkan lebih menonjolkan aspek seni (ukir-ukiran). Kurangnya pengetahuan perusahaan meubel dibidang industri ini mengakibatkan terjadi kesulitan dalam menentukan keputusan memilih kayu untuk dijadikan bahan kerajinan meubel yang bagus dan berkualitas, padahal untuk menentukan sebuah kayu layak atau tidaknya sebagai bahan meubel diperlukan perhitungan yang sistematis dan akurat agar diperoleh pengambilan keputusan yang tepat. Pengembangan perangkat lunak sistem pendukung keputusan (SPK) dengan metode AHP ini menggunakan parameter kualitas kelayakan kayu yang terdiri dari lima kriteria, yaitu kriteria sifat fisik kayu, sifat mekanik kayu, kelas kayu, umur kayu dan zat yang dikandung kayu, dan alternatife nya terdiri dari 4 yaitu : kayu jati, kayu trembesi, kayu mahoni dan kayu akasia .Setelah mengetahui parameter, langkah selanjutnya adalah menganalisis masalah, merekayasa pengetahuan dan melakukan pengujian menggunakan tools Super Decisions. Hasil penelitian ini adalah mendapatkan keputusan yang berdasarkan data yg objektif untuk menentukan suatu keputusan, sitem pendukung keputusan penentuan kualitas kayu untuk kerajinan meubel menggunakan metode AHP. Melalui pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa keptusan yang dihasilkan layak digunakan bagi manager dan dinyatakan baik serta siap untuk diaplikasikan.


Full Text:

PDF

References


Nila Susanti dan Sri Winiarti, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Kayu Uuntuk Kerajinan Meubel dengan Metode Bayes” Jurnal Sarjana Teknik Informatika e-ISSN: 2338- 5197Volume 1 Nomor 1, Juni 2013.

Ria Eka Sari, “Pemilihan Kulit Ular Berkualitas Untuk Kerajinan Kulit Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process”, Citec Journal ISSN : 2354- 5771 Vol. 1, No. 4, Agustus 2014 – Oktober 2014 Hal :257- 269.

Ria Eka Sari dan Alfa Saleh ,” Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode AHP “,Seminar Nasional Informatika (SNif), September 2014, ISSN : 2088-9747, Hal 108-113


Refbacks

  • There are currently no refbacks.