PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DI AMIK LEMBAH DEMPO PAGARALAM

Lendy Rahmadi, Ema Utami, Armadyah Amborowati

Abstract


AMIK Lembah Dempo Pagaralam saat ini belum mempunyai sebuah perencanaan strategi sistem informasi sehingga belum mempunyai skala prioritas terhadap pengembangan dan pembangunan sistem informasi yang dapat memenuhi kebutuhan organisasi sehingga dapat meningkatkan keunggulan kompetitif. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah perencanaan strategi sistem informasi sehingga dapat meningkatkan keunggulan kompetitif AMIK Lembah Dempo Pagaralam. Framework yang digunakan dalam penelitian ini merupakan framework ward and peppard dengan menggunakan metode analisis CSF, Value Chain, SWOT, Five Forces dan PEST. Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah portofolio aplikasi masa depan dan roadmap strategi sistem informasi dalam jangka 5 tahun ke depan untuk AMIK Lembah Dempo Pagaralam yang telah melalui tahapan masukan sesuai dengan framework ward and peppard.  


Full Text:

PDF

References


Wijiyanto, “Perancangan Sistem Informasi Strategis Pendidikan di STMIK Duta Nusa Surakarta,” Tesis, MTI STMIK AMIKOM, Yogyakarta, 2012.

Ward, J and Joe, P, Strategic Planning for Information Sistems, 3rd ed England: John Wiley & Son.

Widyaningsih, P, " Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Institusi Perguruan Tinggi Menggunakan Analisis Critical Success Factor", Tesis, MSI, Unviersitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Jogiyanto, Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005.

Kaplinsky, R dan Morris, M., A Handbook For Value Chain Research, IDRC, 2000. [6] Widyaningsih, P, " Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Institusi Perguruan Tinggi Menggunakan Analisis Critical Success Factor", Tesis, MSI, Unviersitas Diponegoro, Semarang, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.