MODEL SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA TANAMAN PADI UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI PENANGGULANGAN

Yulianto Yulianto, Ade Setiadi, Imam Firmansyah, Ihsan Maulana, Dimas Asmoro, Haris Kamal

Abstract


Sebagian masyarakat Indonesia berprofesi sebagai petani. Dalam prakteknya petani sering kali kesulitan dalam menghadap ihama salah satunya hama wereng coklat, banyaknya tanaman padi yang ditanam tidak sebanding dengan banyaknya beras yang di hasilkan, karena adanya padi yang terserang hama. Banyaknya pakar tidak sebanding dengan banyaknya petani. Dalam hal ini terbatasnya jumlah pakar mengakibatkan terbatasnya penyuluhan yang akan diperoleh oleh petani. Terbatasnya penyuluhan yang diperoleh mengakibatkan terbatasnya kemampuan petani menghadapi masalah-masalah hama yang menyerang. Sehingga penulis ingin membantu dalam membuat model alat bantu yang bisa membantu mendiagnosa hama dan memberikan solusi yang tepat. Model system pakar ini sebagai alternatif sebagai pengganti pakar yang bertugas dalam penyuluhan mengatasi hama dan memberikan solusi penanggulangannya.


Full Text:

PDF

References


Abdul Sani Sembiring, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dan Hama Tanaman Padi”, Medan : STMIK Budi Darma, vol 3, maret 2013.

Joan Angelina Widians, “Aplikasi Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Pada Tanaman Pisang”, Samarinda : Universitas Mulawarman, vol 6 no 1, Febuari 2011.

Kusrini, “Aplikasi Sistem Pakar, Menentukan Faktor Kepastian Pengguna Dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan”, Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

Kusrini, “Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi”, Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Mcleod, Raymond And George P. Schell, “Sistem Informasi Manajemen Ed. 10”, Jakarta Selatan: Salemba Empat , 2009.

Tata Sutabri, “Konsep Sistem Informasi”, Yogyakarta: Andi Offset, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.