IMPLEMENTASI DECISION SUPPORT SYSTEM DALAM PENSELEKSIAN CALON ANGGOTA BARU BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) DENGAN METODE GAP KOMPETENSI (STUDI KASUS : UNIVERSITAS POTENSI UTAMA)

Adil Setiawan, Surya Darma

Abstract


Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan organisasi umum yang terdapat dalam setiap Perguruan tinggi atau Universitas. Dalam perekrutan anggota baru biasanya organisasi BEM sering kesulitan dalam melakukan penseleksian, sedangkan ketertarikan Mahasiswa dalam turut serta menjadi bagian dari organisasi ini tidak sedikit jumlahnya dengan alasan BEM merupakan pengayoman bagi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada disetiap Perguruan Tinggi atau Universitas khususnya Universitas Potensi Utama. Melihat kendala yang sering terjadi yang sebelumnya dipaparkan di atas, penulis merancang suatu aplikasi Decision Support System dalam penseleksian calon anggota baru badan eksekutif mahasiswa (BEM) dengan metode gap kompetensi (studi kasus : universitas potensi utama). Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah agar memudahkan pihak organisasi dalam penseleksian anggota baru BEM, sehingga waktu yang dibutuhkan relative singkat dan tepat agar menjadi lebih optimal. Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode Gap Kompetensi (Profil Matching) dengan tujuan untuk menentukan prioritas dengan ranking tertinggi, di mana sebagai sarana dari sistem yang tepat dalam menyeleksi calon anggota baru Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Dalam perhitungan metode Gap Kompetensi berdasarkan standar yang terdapat pada Universitas Potensi Utama, yang merupakan parameter dalam menentukan kelayakan penseleksian calon anggota baru Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Dengan hasil Pengujian ke sistem mencapai tingkat kesesuaian dengan pengoprasian yang sangat akurat.


Full Text:

PDF

References


Apriyanti Nita, Sali Alas, “Penerapan Business System Pada Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Perekomendasian Bidang Keahlian Siswa SMA/MA/SMK”, in Proc KNSI 2014, STMIK Dipanegara Makassar, 27 Februari-01 Maret 2014.

Damanik Muhammad Ardiansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemindahan Tugas Karyawan Dengan Menggunakan Metode Profil Matching (Studi Kasus : PT. Perkebunan Nusantara III Medan)”, Pelita Informatika Budi Darma, Vol. IV, No. 2 Agustus 2013.

Hidayat Arif Lukman, Tito Pinandita, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan Untuk Promosi Standard Struktural Pada Bimbingan Belajar Sciencemaster Menggunakan Metode Gap Kompetensi”, Jurnal Teknologi Technonescientia , Vol. 5 No. 2 Februari 2013.

Kusrini, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Penerbit Andi Yogyakarta, 2007.

Muqtadir Asfan, Irwan Purdianto, “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Standard Menggunakan Metode Profil Matching (Studi Kasus di PT. Industri Kemasan Semen Gresik), SNATI 2013 Yogyakarta, 15 Juni 2013.

Riyani, et al, “Sistem Pendukung Keputusan Sertifikasi Badan Usaha Pelaksana Jasa Konstruksi Pada BPD GAPENSI Kaltim”, Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 5 No.1 Februari 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.