SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MARKETING OFFICER BERPRESTASI DENGAN METODE PROMETHEE (Studi Kasus : BRI Kantor Cabang Katamso Yogyakarta)
Abstract
Marketing Officer adalah salah satu jabatan ujung tombak dari usaha perbankan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) karena sesuai dengan misi dari Bank BRI mengutamakan pelayanan usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat. Tugas dari Marketing Officer adalah melakukan analisa dalam memberikan kredit kepada nasabah. Karena dirasakan posisi Marketing Officer adalah posisi yang sangat penting, BRI Kantor Cabang Katamso memberikan reward kepada Marketing Officer yang berprestasi. Beberapa hal yang menjadi dasar pertimbangan dalam melakukan penilaian Marketing Officer yakni : outstanding credit, non performance loan, jumlah pencapaian britama, jumlah pencapaian simpedes, jumlah pencapaian giro, jumlah pencapaian deposito, jumlah seluruh pencapaian, debitur, kreditur, pembentukan daftar hitam dan pemasukan daftar hitam. Penentuan kriteria penilaian tersebut diperlukan untuk mencegah kesalahan dan kecurangan dalam penilaian yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu, dalam hal ini digunakan Sistem Pendukung Keputusan(SPK). Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan metode Promethee untuk merancang aplikasi SPK Pemilihan Marketing Officer di lingkungan Bank Rakyat Indonesia. Pada Bank Rakyat Indonesia dengan jumlah Marketing Officer yang cukup banyak mempersulit pihak manajemen dalam melakukan penilaian secara tepat. Dengan dibangunnya SPK diharapkan subyektifitas dalam pengambilan keputusan dapat dikurangi dan proses tersebut berjalan secara tepat dan akurat.
Full Text:
PDFReferences
Bank Rakyat Indonesia.2014.Litbang Jakarta (http://www.bri.co. id/). Diakses pada 10 Oktober 2014 pada 06.00
J. D. Susatyono, S. B. Hartono, and C. Dari, “Pengembangan sistem informasi mantri kur berbasis dss dengan menggunakan metode ahp,” pp. 65–72, 2014.
Setiawan, Alexander, dkk. 2010. Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pada Supplier Furniture Menggunakan Model Promethee. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra
M. Iqbal, “Decision Support System Determination for Poor Houses Beneficiary Using Profile Matching Method,” vol. 5, no. July, pp. 385–394, 2014.
Turban, E, Aronson dkk. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems-7th Edisi.Jilid 1 (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Andi Offset : Yogyakarta
Brans, J. P., Vinckle and B. Mareschal. 1986. How to Select and How to Rank Projects; The Promethee Method. European Journal of Operational Research, Elsevier Science. Publisher B.V., Holland. P.228-238
Refbacks
- There are currently no refbacks.