SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MARKETING OFFICER BERPRESTASI DENGAN METODE PROMETHEE (Studi Kasus : BRI Kantor Cabang Katamso Yogyakarta)

Ripto Mukti Wibowo, Adhistya Erna Permanasari, Indriana Hidayah

Abstract


Marketing  Officer  adalah  salah  satu  jabatan ujung  tombak  dari  usaha  perbankan  di  Bank  Rakyat Indonesia (BRI) karena sesuai dengan misi dari Bank BRI mengutamakan pelayanan usaha mikro, kecil dan menengah   untuk   menunjang   peningkatan   ekonomi masyarakat. Tugas dari Marketing Officer adalah melakukan analisa   dalam   memberikan   kredit   kepada   nasabah. Karena dirasakan posisi Marketing Officer adalah posisi yang  sangat  penting,  BRI  Kantor  Cabang  Katamso memberikan  reward  kepada  Marketing  Officer  yang berprestasi.    Beberapa    hal    yang    menjadi    dasar pertimbangan  dalam  melakukan  penilaian  Marketing Officer  yakni  :  outstanding  credit,  non  performance loan,  jumlah  pencapaian  britama,  jumlah  pencapaian simpedes, jumlah pencapaian giro,  jumlah pencapaian deposito, jumlah seluruh pencapaian, debitur, kreditur, pembentukan daftar hitam dan pemasukan daftar hitam. Penentuan kriteria penilaian tersebut diperlukan untuk mencegah  kesalahan  dan  kecurangan  dalam  penilaian yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu, dalam hal ini digunakan Sistem Pendukung Keputusan(SPK). Tujuan  penelitian  ini adalah mengimplementasikan metode  Promethee  untuk merancang aplikasi SPK Pemilihan Marketing Officer di lingkungan Bank Rakyat Indonesia. Pada Bank Rakyat Indonesia dengan jumlah Marketing Officer yang cukup banyak mempersulit pihak manajemen dalam melakukan penilaian   secara   tepat.   Dengan   dibangunnya   SPK diharapkan subyektifitas dalam  pengambilan keputusan dapat dikurangi dan proses tersebut berjalan secara tepat dan akurat.  


Full Text:

PDF

References


Bank Rakyat Indonesia.2014.Litbang Jakarta (http://www.bri.co. id/). Diakses pada 10 Oktober 2014 pada 06.00

J. D. Susatyono, S. B. Hartono, and C. Dari, “Pengembangan sistem informasi mantri kur berbasis dss dengan menggunakan metode ahp,” pp. 65–72, 2014.

Setiawan, Alexander, dkk. 2010. Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pada Supplier Furniture Menggunakan Model Promethee. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra

M. Iqbal, “Decision Support System Determination for Poor Houses Beneficiary Using Profile Matching Method,” vol. 5, no. July, pp. 385–394, 2014.

Turban, E, Aronson dkk. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems-7th Edisi.Jilid 1 (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Andi Offset : Yogyakarta

Brans, J. P., Vinckle and B. Mareschal. 1986. How to Select and How to Rank Projects; The Promethee Method. European Journal of Operational Research, Elsevier Science. Publisher B.V., Holland. P.228-238


Refbacks

  • There are currently no refbacks.