PERANCANGAN APLIKASI POINT OF SALE DALAM PEMESANAN MENU RESTORAN

Gusti Syarifudin, Sandy Kosasi

Abstract


Aplikasi Point of Sale (POS) merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk mencatat transaksi penjualan pada restoran Happy Family Sanggau untuk membantu kegiatan operasional dan mempercepat proses pelayanan restoran sehingga pelayanan terhadap pelanggan dapat ditingkatkan. Aplikasi POS dikembangkan dengan metode Waterfal menggunakan model Sequential Liner dimana tahapannya dimulai dari communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan dari aplikasi POS. Diagram yang digunakan untuk menggambarkan proses-proses atau aktivitas aplikasi sebelum dituangkan kedalam bahasa pemrograman adalah unified modeling language (UML) dengan menggunakan use case diagram. Aplikasi POS diprogramkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7, dan menghasilkan rancangan form dan report berupa pengelolaan data menu restoran, data jenis menu, atau data transaksi penjualan, data user dan data kasir, serta melihat laporan penjualan per bulan, per kasir, dan per menu.  


Full Text:

PDF

References


A. Dennis, “Systems Analysis and Design with UML Version 2.0”, Wiley, New York, 2009.

D. A. Hidayat, "Rancang Bangun Aplikasi Point of Sale (POS) Berbasis Web dengan Pemanfaatan Trigger pada Distribution Store CV. NMRQ", Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) Vol. 2, No. 1, 2014.

Fathansyah, “Basis Data Lanjut”. Bandung:Informatika, 2004.

G. Soepramono, “Perbankan dan Masalah Kredit: Suatu Tinjauan di Bidang Yudiritis”, Rineka Cipta, Jakarta, 2009.

Gintoro, E. H. Widjaja, "Perancangan Aplikasi Point of Sales Berbasiskan Customer Relationship Management pada Toko Buku Notre-Dame", Jurnal CommIT, Vol. 02 No. 01. ISSN 1979-2484, 2008.

Oetomo, “Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi”, CV Andi Offset, Yogyakarta, 2002.

R. S. Pressman, “Software Engineering A Practitioner's Approach”, 7th Edition, McGraw-Hill, 2010.

Sugiyono, “Statistika untuk Penelitian”, Alfabeta, Bandung, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.