PENERAPAN OPENSSH DAN BASH SCRIPT UNTUK SIMULTANEOUS REMOTE ACCESS CLIENT PADA LABORATORIUM STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Andika Agus Slameto, Lukman Lukman

Abstract


Laboratorium Jaringan Komputer STMIK Amikom Yogyakarta memiliki dua sistem operasi yaitu Windows XP dan sistem operasi GNU/Linux distributor Ubuntu  12.04. Pada sistem Operasi Windows untuk memanajemen komputer klien dalam hal ini adalah proses mematikan komputer secara serentak serta manajemen file (mendistribusikan file maupun mengambil file) dapat dilakukan dengan menggunakan software pengendali NetSupport School dari komputer server sehingga dalam proses tersebut menjdi lebih menghemat waktu. Namun software aplikasi NetSupport School merupakan software yang bersifat komersial. Sedangkan pada Sistem Operasi Linux hal tersebut belum dapat dilakukan karena belum adanya aplikasi yang mendukung. Openssh merupakan aplikasi open source yang dibuat oleh para pengembang sistem operasi OpenBSD yang memungkinkan seseorang untuk menjalankan sebuah komputer berplatform Unix secara remote. Bash (Bourne Again Shell) merupakan antarmuka awal antara pemakai dan komputer pada sistem operasi berbasis Unix yang memungkinkan pemakai untuk membuat program. Skrip Bash dapat berupa perintah internal Bash, perintah GNU/Linux (utilitas-utilitas GNU/Linux atau Unix), program aplikasi atau skrip yang lain. Dengan menggabungkan antara Openssh dengan skrip Bash dapat dimanfaatkan untuk menciptakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengendalikan jaringan yang memiliki platform GNU/Linux dan dapat dilakukan secara simultan yang berfungsi seperti software pengendali yang berjalan diatas sistem operasi Windows. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah prototype aplikasi yang bersifat open source atau gratis yang dapat melakukan pengendalian klien untuk proses mematikan dan menghidupkan komputer serta memanajemen file pada sistem operasi GNU/Linux.

Full Text:

PDF

References


B. Susanto, “Unix & Pemrograman Script”, J & J Learning, Yogyakarta, 2001

Ginting, “Analisis Kestabilan Sistem Kendali Jaringan Terhadap Tundaan”, Tesis, Matematika, Universitas Diponegoro : Fakultas

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2009.

M.L Iswan, “Implementasi virtual private network (VPN) remote access dengan linux openswan”, Skripsi, Teknik Informatika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Sains dan Teknologi, 2010.

Y.N Kunang, “Laboratorium Komputer Virtual Berbasis Linux”, Jurnal Ilmiah Matrik, vol no.11 No. 1 April 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.