RANCANG BANGUN SISTEM STARTER KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN KARTU RFID

Abdul Rahman, Dedy Hermanto, Fadli Hardi Yanto, Prima Rasanjaya

Abstract


Dalam dunia otomotif khususnya kendaraan bermotor, sistem starter kendaraan masih standar dan tidak keamanannya masih kurang aman, karena masih menggunakan kunci kontak biasa yang dengan sangat mudah dibuka oleh pencuri kendaraan bermotor. Pemanfaatan kartu RFID dapat dijadikan sebuah pilihan alternatif untuk menambah keamanan kendaraan bermotor. Sistem yang dirancang menggunakan kartu RFID ini akan mendeteksi kartu yang telah memiliki id khusus. Kontroler yang digunakan adalah mikrokontroler atmega16. Untuk menampilkan hasil pembacaan kartu di RFID digunakan LCD. Relay digunakan sebagai switch yang berfungsi untuk pemutus arus dari accu motor. Hasil dari pengujian alat menunjukan kendaraan motor dapat diakses dengan kartu RFID yang telah terdaftar didalam mikrokontroller, dengan kartu RFID maka kendaraan bermotor bisa dijaga keamanannya, karena untuk dapat menyalakan kendaraan bermotor harus menggunakan kartu RFID yang telah terdaftar.  


Full Text:

PDF

References


Caroline Caroline, Ellyas Muda C.S, Loga Gilang A, Ardian S, Hermawati Hermawati, Ike Bayusari, “Aplikasi Smart Card Berbasis RFID Untuk Sistem Keamanan Parkir”, Jurnal Mikrotiga Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNSRI Vol 1 No. 2, 2014. ISSN: 2355-1348.

Decy Nataliana, Nandang Taryana, Aam Ahamd M, “Perancangan Prototype Deteksi kecepatan Kendaraan Menggunakan RFID Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535”, Jurnal Informatika Vol 1 No. 3, September – Desember 2011.

Eko Susanto, Herlinawati, Umi Murdika, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Ganda Interaktif Kendaraan Bermotor Roda Dua Berbasis RFID”, Jurnal Electrician Volume 8, No. 2, Mei 2014, ISSN: 1978-6042

Erwin, “Rancangan RFID”, Bumi Aksara, Jakarta, 2004.

Suyadhi, Taufiq Dwi Septian, “Buku Pintar Robotika”, Andi, Yogyakarta, 2010.

Owen Bishop, “Dasar-dasar Elektronika”, Erlangga, Jakarta, 2004.

Dr. AfgiantoEko Putra, “Tips dan Trik Mikrokontroller AVR”, Gava Media, Yogyakarta, 2010.

Didin Wahyudin, “Belajar Mudah Mikrokontroller”, Erlangga, Jakarta, 2007.

Richard Blocher ,“Dasar-dasar Elektronika”, Andi, Yogyakarta, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.