Membangun Chatbot Berbasis AIML dengan Arsitektur Pengetahuan Modular
Abstract
Chatbot adalah salah satu sistem cerdas yang dihasilkan dari Pemrosesan Bahasa Alami atau Natural Language Processing (NLP) yang merupakan salah satu cabang dari Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI). Chatbat memungkinkan manusia dapat berkomunikasi dengan mesin menggunakan perantaraan bahasa alami. Bentuk komunikasi yang teljadi odalah melalui percakapan menggunakan media tulisan. Percakapan dengan chatbot dapat berupa obrolan biasa atau obrolan pada tema - tema tertentu yang melibatkan disiplin ilmu yang lain. Artificial Intelligence Markup Language (AIML) adalah bahasa yang dapat digunakan untuk menyusun logika chatbot. AIML berisi kumpulan pola dan respon yang dapat digunakan oleh chatbot untuk penelusuran jawaban setiap kalimat yang diberikan. Interpreter AlML diperlukan untuk menerima input dan melakukan penelusuran jawaban poda dokumen AIML. Saati ini tersedia banyak interpreter AIML dalam berbagai bahasa pemrograman sehingga proses pembuatan chatbot dapat terfokus pada penyusunan dokumen AIML. Selain itu juga saat ini di internet banyak tersedia dokumen AIML siap pakai untuk berbagai bidang percakapan. Dengan AIML dapat dibuat interpreter yang memungkinkan pengetahuan chatbot bersifat modular di mana pengetahuan chatbot terpisah dari chatbot utama. Hasil penelitian adalah sebuah chatbot yang berupa service yang dapat digunakan untuk percakapan melalui program client Service chatbot terhubung dengan modul - modul pengetahuan tertentu yang bersifat independen.
Full Text:
PDFReferences
Bush, Noel., 2001, Artificial Intelligence Markup Language (AIML) Version 1.0. I, AL.LC.E AI Foundation Working Draft 25 June 2001 (rev 006).
Sullivan, Kim. 2009. An AIML Interpreter. Tesis, Department of Computer Science and .Enginn:ering, Faculty of Technical Engineering, Czech Technical University in Prague, Prague
Setiaji, Bayu. S.Kom. 2012. Pemanfaatan Bahasa Alami Sebagai Antar Muka Aplikasi NL-Faraid, Jurnal Teknologi Informasi Respati Volume Vll Bulan November 2012, Universitas Respati Yogyakarta, Yogyakarta
Utami, Ema, Dr., S.Si., M.K.om. 2007. Aplilrasi BotQA Untuk Meningkatkan Cara Interaksi Manusia dan Mesin, Seminar Nasional Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007), 16Juni 2007, Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.