EVALUASI KINERJA WEBSITE PARIWISATA DIKAITKAN DENGAN JUMLAH PENGUNJUNG (STUDI KASUS : WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA, MALAYSIA, SINGAPURA, DAN THAILAND)
Abstract
Perjalanan wisata menjadi cukup populer akhir-akhir ini. Keberadaan website pariwisata merupakan salah satu sarana untuk mendukung kegiatan pariwisata dan mempromosikan pariwisata pada suatu tempat atau negara. Namun pada kenyataannya website resmi pariwisata Indonesia masih kurang populer jika dibandingkan dengan website resmi beberapa negara lain di Asia Tenggara. Penelitian ini menganalisis kinerja pada website resmi pariwisata Indonesia yaitu indonesia.travel, yang dibandingkan dengan website resmi pariwisata dari tiga negara lain yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand. Dengan memanfaatkan development tools yang terdapat pada web browser, penelitian ini menunjukkan sebuah hipotesis bahwa rata-rata kinerja pada website pariwisata berbanding lurus dengan peringkat pengunjung pada website tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Indah, “Kabari : Jembatan Informasi Indonesia Amerika,” Februari, 2012. [Online]. Available: http://kabarinews.com/menanti-perubahan-pariwisataindonesia/ 37847. [Accessed: 03-Mar-2014].
M. Suhada, “Analisis Critical Success Factor untuk Portal etourism Bali,” UGM, Yogyakarta, 2010.
“ALEXA.” [Online]. Available: http://www.alexa.com/siteinfo. [Accessed: 06-Nov-2014].
“Ranking.com.” [Online]. Available: http://www.ranking.com/. [Accessed: 06-Nov-2014].
H. Jati, “Perbandingan Performa Situs Web Universitas di Indonesia,” J. Edukasi, vol. 5, pp. 99–106, 2009.
A. R. Tanaamah and T. Wellem, “Semantik Web sebagai Solusi Pemecahan Masalah Promosi Kepariwisataan di Indonesia,” J. Teknol. Informasi2, vol. 6, pp. 135–149, 2009.
A. Murtadho and R. Shihab, “Analisis Situs E-Tourism Indonesia : Studi Terhadap Persebaran Geografis, Pengklasifikasian Situs Serta Pemanfaatan Fungsi dan Fitur,” J. Inf. Syst., vol. 7, no. 1, pp. 13–25, 2011.
O. Herlina, “Komunikasi Pemasaran Pariwisata DIY melalui Pemanfaatan E-Tourism oleh Swasta dan Pemerintah (Studi Komparatif www.visitingjogja.com dan www.yogyes.com),” UGM, 2013.
“ALEXA.” [Online]. Available: www.alexa.com/about.
Refbacks
- There are currently no refbacks.