ANALISA PENILAIAN PENGELOLAAN TINGKAT LAYANAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN KERANGKA KERJA COBIT DOMAIN DELIVERY AND SUPPORT (STUDI KASUS : TOKOPEDIA DENGAN DOMAIN DS1 – D4 )

Sandra Jamu Kuryanti

Abstract


Pengelolaan TI yang baik diharapkan penerapan teknologi informasi dapat berjalan dengan optimal.  Pengelolaan TI yang baik dilakukan dengan cara menilai kesesuaian antara penerapan TI dan proses bisnis organisasi. Dengan semakin meningkatnya penggunaan TI dalam bisnis, tata kelola TI menjadi konsep yang penting dibicarakan.  

Tata kelola TI sistem informasi pengelolaan layanan TI pada onlineshop Tokopedia sudah dilakukan walaupun masih belum berjalan secara optimal karena belum mencapai tingkat kematangan yang diharapkan. Analisa tingkat kematangan dilakukan untuk mengetahui tingkat kematangan tata kelola TI berdasarkan kondisi tata kelola TI institusi saat ini yang diperoleh melalui isian kuisioner, interview dan observasi sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan oleh COBIT. Analisa tingkat kematangan dilakukan dengan mengolah hasil isian kuisioner maturity models pada responden. Perancangan kuesioner dilakukan dengan memberikan sejumlah pertanyaan untuk setiap level control objectives yang ada pada Domain Delivery and Support (DS).  

Tingkat kematangan (Maturity Level) yang ada pada setiap proses TI terdapat dalam domain Delivery and Support (DS) masih berada pada level 3 (defined process). 


Full Text:

PDF

References


Weill, P. And Vitale, M., “What IT infrastructural capabilities are needed to implement e-business models”. MIS Quarterly Executive. 2002.

Van Grembergen, Wim, et al. Structure, Processes and Relational Mechanisms For IT Governance in Strategies For Information Technology Governance. Idea Group Publishing. 2004.

IT Governance Institute. COBIT 4.0 : Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models, IT Governance Institute.2005.

Fitroh. Tips dan Trik Dalam Memahami Tata Kelola TI COBIT Versi 4.0. Jakarta. 2013. (http://www.hazrinariza.com/wp- content/uploads/2014/05/Tata-Kelola-TI-Menggunakan- COBIT-domain-PO-dan-AI.pdf/ 2 Desember 2014).

IT Governance Institute. COBIT 4.0 : Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models. IT Governance Institute.2005.

Indrajit, Eko. Mengukur Tingkat Kematangan Pemanfaatan TI Untuk Institusi Pendidikan, Suatu Pendekatan Kesiapan Stakeholder. Prosiding konferensi nasional TI & komunikasi untuk Indonesia, Bandung. 2006.

IT Governance Institute and the Office of Commerce . Aligning COBIT, ITIL and ISO 17799 for Business Benefit, IT Governance Institute and the Office of Government Commerce. 2005.

IT Governance Institute. Management Guidelines & Audit Guidelines, Control Objectives”, COBIT 3rd ed. USA:ICASA.2000 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.