PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA DEBITUR UNTUK MENGETAHUI KOLEKTIBILITAS DEBITUR BANK

Hasan Hasan, Sandy Kosasi

Abstract


  Sistem pengolahan data debitur bank, dibuat dalam rangka memperlancar proses penyediaan kredit pada BII Maybank cabang Pontianak untuk menjamin keberhasilan pelaksanaan kredit, dikarenakan kredit yang bermasalah akan berdampak negatif bagi bank itu sendiri dan debiturnyadan pada akhirnya dapat menggangu likuiditas keuangan yang harus dijaga oleh setiap bank. Sistem ini dibuat dengan menerapkan metode extreme programming dimana tahapan nya dimulai perencanaan yang bertujuan mendefenisikan kebutuhan fungsional dan non-fungsional pengguna, tahap perancangan sistem yang menggambarkan proses dan arsitektur sistem tersebut, dilanjutkan dengan tahap pengkodean yang menghasilkan form untuk melakukan input data debitur dan laporan yang dibutuhkan oleh pihak bank, dan diakhiri dengan tahap pengujian dilakukan dengan menggunakan metode blackbox yang dilakukan pada form input data debitur.


Full Text:

PDF

References


A. Dennis, “Systems Analysis and Design with UML Version 2.0”, Wiley, New York, 2009.

Fathansyah, “Basis Data Lanjut”. Bandung:Informatika, 2004.

G. Soepramono, “Perbankan dan Masalah Kredit: Suatu Tinjauan di Bidang Yudiritis”, Rineka Cipta, Jakarta, 2009.

Oetomo, “Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi”, CV Andi Offset, Yogyakarta, 2002.

R. S. Pressman, “Software Engineering A Practitioner's Approach”, 7th Edition, McGraw-Hill, 2010.

Rivai,. et all. “Credit Management handbook: Teori, Konsep, Prosedur, dan Aplikasi Panduan Praktis Mahasiswa, Bankir, dan Nasabah”, Rajawali Pers, Jakarta, 2006.

S.A. Prabowo, Sholiq, F.A. Muqtadiroh, "Rancang Bangun Aplikasi Web Informasi Eksekutif Pada Pemerintah Kabupaten XYZ", Jurnal Teknik POMITS Vol. 2, No. 3, pp. A476-A480, 2013.

Sugiyono, “Statistika untuk Penelitian”, Alfabeta, Bandung, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.