Analisis Faktor – faktor Yang Berpengaruh Terhadap Efektivitas Penerapan E-Government DenganMenggunakan Metode UTAUT (Unified Theory Of Acceptanced Use Of Technology) di Kota Palembang

Ery Hartati

Abstract


Keberadaan e-government sangan diperlukan guna mendukung efektivitas dan percepatan pelayanan public sehinggan dapat tercipta pemerintahan yan bersih dan sistem pelayanan yang baik, cepat dan terpat. Penelitian ini telah ditujukan untuk mengetahui sejauh mana faktor – faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas egovernment dikota pelambang. Untuk mengukur efektivitas faktor – faktor e-government tersebut menggunakan pengujian dengan metode UTAUT (Unified Theory Of Acceptanced Use Of Technology). Dari hasil pengujian penelitian analisis tersebut dinyatakan hasil dari korelasi bawha terdapat hubungan yang tinggi dengan nilai Adjusted R2 adalah 0,905 (90,5%) dengan tingkat signifikan 0,000. Efektivitas penerapan e-Government dinyatakan efektif, maka pemerintah kota Palembang harus mempertahankan serta mengembangkan lagi aplikasi e-Government dengan memperhatikan variabel – variabel yang berkaitan pada factor – factor efektivitas penerapan e- Government dengan menggunakan metode UTUAT (Unified Theory Of Acceptanced Use Of Technology).


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, HM, 2008, “Metodologi Penelitian Sistem Informasi: Pedoman dan Contoh Melakukan Penelitian di Bidang Sistem Teknologi Informasi”, Yogyakarta:Andi.

Jogiyanto, HM, 2008, “Sistem Informasi Keperlakuan”, Yogyakarta:Andi.

Marchewka, J.T., Liu, C., dan Kostiwa, K., 2007, “An Application of the UTAUT Model for Understanding Student Perceptions Using Course Management Software”, Communications of the IIMA, Vol. 7, No. 2, pp. 93-104.

Umar, Husein. 2003. “Metode Riset Bisnis”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Venkatesh, V., Morris, M.G., Davis, G.B., danDavis,F.D, 2003, “User acceptance of information technology: toward a unified view”, MIS Quarterly, 27(3).

Venkatesh, V, 2000, “Determinants of Perceived Ease of Use: Integrating Control, Intrinsic Motivation, and Emotion into the Technology Acceptance Model”, Information Systems Research, Vol. 11, No. 4, pp. 342- 365.

Erick S. Holle,2011, “ Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service” Jurnal Sasi Vol.17 No.3 Bulan Juli-September 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.