SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN PENYEBARAN PELAYANAN JEMAAT

Marselina Endah H, Eny Maria

Abstract


Sistem informasi geografis pemetaan penyebaran pelayanan jemaat Gereja HKBP ini dibangun untuk membantu/mempermudah jemaat mengetahui lokasi gereja HKBP yang ada di Pulau Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang suatu sistem informasi geografis sehingga menghasilkan informasi yang interaktif, mudah dipahami dan lebih menarik. Sistem informasi geografis ini dibangun dengan digitasi peta menggunakan ArcView, dan pembuatan website dengan PHP, HTML serta untuk pengolahan database menggunakan MySQL. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah terciptanya suatu sistem informasi informasi geografis peta lokasi gereja HKBP yang interaktif mudah dipahami dan menarik. Sehingga dapat mempermudah jemaat dalam memperoleh informasi lokasi dan informasi gereja HKBP yang diinginkan.


Full Text:

PDF

References


Prahasta, E. 2009, Sistem Informasi Geografis: Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi dan Geomatika), Informatika Bandung, Bandung.

Husna, M. 2008. Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Sistem Informasi Geografis Untuk Penentuan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir

HKBP, K.P. 2010. Almanak HKBP, Percetakan HKBP, Pematang Siantar

Munir, A.Q. 2006. Sistem Informasi Geografi Penentuan Jalur Jalan Optimum Kodya Yogyakarta. Skripsi Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. (tidak dipublikasikan).

HKBP, K.P. Huria Kristen Batak Protestan, http://www.hkbp.or.id, di akses pada tanggal 05 April 2011 pukul 21.00 Wib.

Hartono, J. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.

Riyanto, P.E. Putra dan H. Indelarko, 2009. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis: Berbasis Dekstop dan Web, Gava Media, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.