STRATEGI MENYERANG NPC GAME FPS MENGGUNAKAN FUZZY FINITE STATE MACHINE

Ady Wicaksono, Mochamad Hariadi, Supeno Mardi S. N

Abstract


Pengembangan kecerdasan buatan untuk NPC(Non-Playable Character) dalam game menjadi salahsatu fokus pengembangan yang penting karena NPCseringkali mempunyai fungsi yang esensial membuatdunia artifisial dalam game menjadi lebih imersif .Penelitian ini disusun untuk membahas rancanganbehavior (perilaku) strategi menyerang NPC pada gameFPS menggunakan Finite State Machine, sedangkanuntuk respon perilaku menyerang NPCdiimplementasikan dengan logika fuzzy. 3 NPC menjadifokus penelitian dengan masing-masing NPC memilikikarakteristik menyerang berbeda. NPC 1 mempunyaiatribut serangan jarak dekat dan menengah , NPC 2untuk serangan jarak menengah dan jarak jauhsedangkan NPC 3 memiliki spesifikasi serangan jarakdekat, menengah sekaligus jarak jauh. Perilaku NPC 1,NPC 2 dan NPC 3 didasarkan pada perubahan jarakmusuh, jumlah musuh serta tingkat kesehatan (hp) darimasing-masing NPC. Simulasi dengan game enginemenunjukkan perubahan respon jenis serangan darimasing-masing NPC. NPC 1 menunjukkan perubahanrespon variasi menyerang jarak dekat dan menengah.NPC 2 menunjukkan variasi respon perilaku menyerangjarak menengah dan jarak jauh. NPC 3 menunjukkanvariasi respon serangan jarak dekat, menengah danjarak jauh.


Full Text:

PDF

References


Millington, Ian. 2006. Artificial Intelligence for Games.Morgan Kaufmann Publishers, San Francisco.

Fidaner, Işık Barış. 2005. Artificial Intelligence inComputer Games. CMPE 540 Principles of ArtificialIntelligence, page 1-11.

Doherty, Darren. 2006. Evolving Tactical Teams forShooter Games using Genetic Programming.Department Of Information Technology NationalUniversity Of Ireland, Galway.

Tozour, Paul; Austin, Ion Storm. 2004. First PersonShooter AI Architecture, dalam: AI GameProgramming Wisdom. Charles River Media. Hingham,Massachussets.

Schwab, Brian. 2004. AI Game Engine Programming.Charles River Media, Hingham, Massachussets.

Seland, Jørgen Havsberg. 2007. A Visual ProgrammingLanguage for Hierarchical Finite State Machines inGame AI. Department of Computer Science, Universityof Copenhagen.

McCloskey, John; Miller, Jeffrey; Prasad, Amish; &Linden, Lars. 2009. AI in First-Person Shooter Games.McGill University, Montreal, QC H3A 2A7, Canada.

Suyanto, S.T, M.Sc. 2007. Artificial Intelligence:Searching, Reasoning, Planning and Learning. PenerbitInformatika, Bandung, Indonesia

Carr, Dave ; Shearer, Jeff. 2007. Nonlinear Control andDecision Making Using Fuzzy Logic in Logix.Publication 9324-WP006A-EN-P-August 2007.Rockwell Automation, Milwaukee.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.