Analisis Sistem Informasi Pelayanan IzinMendirikan Bangunan Menggunakan Pendekatan Framework ITPOSMO (Studi Kasus Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Ternate)

Muhammad Ridha Albaar, Rosdiani Achmad

Abstract


Penelitian ini menyajikan Analisis Sistem Informasi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan secara menyeluruh dengan menggunakan Framework ITPOSMO. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini berdasarkan PMI process group. Untuk analisis menggunakan framework ITPOSMO,Work Breakdown Structure(WBS) untuk merancang penjadwalan dan estimasi biaya. Hal ini dilakukan dengan menggunakan studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan dilakukan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi dan wawancara terhadap pihak staf Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Ternate, sedangkan studi pustaka yaitu mengumpulkan data dari buku dan literatur yang ada. Hasil penelitian ini adalah bagaimana Sistem dapat berjalan dan budget yang ada sehingga dapat diimplementasikan dengan baik penerapan Sistem Informasi Pelayanan Izin Mendirikan Bagunan sehingga dapat meningkatkan proses pelayanan terhadap mayarakat Kota Ternate.


Full Text:

PDF

References


Arief, Muhammad. 2008. Kesenjangan : Faktor Utama penyebab Kegagalan Proyek E-Goverment. E-Indonesia Initiative 2008 (eII2008) Konfenresi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia 21-23 Mei 2008, Jakarta.

Heryanto, Imam dan Totok Triwibowo. 2009. Manajemen Proyek Berbasis Teknologi Informasi : Mengelola Proyek Secara Sistematis Menggunakan Microsft Project. Jakarta : Informatika.

Heeks, Richard.2003. Most eGoverment-for-Deveploment Projects Fail : How Can Rsisks Be Reduced?. Instutite for Development Policy and Management.

Jogiyanto, HM, (1995). Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Tertstruktur. Penerbit Andi Offset Yogyakarta.

KeputusanWalikota Ternate Nomor 25 Tahun 2004.

Mardiana, Tati. 2012. Perencanaan Manajemen Proyek Sistem Informasi Akutansi Keuangan Daerah Dengan Pendekatam Framework ITPOSMO. 2012 (SNIT) Seminar Nasional Invonasi dan Teknologi 13 Juni 2012 Universitas BSI Bandung.

Suryani , Ade Irma. 2008. Implementasi Penerbitan Ijin Mendirikan Bangunan Dalam Prespektif Azaz-Azas Umum Pemerintahan Yang Baik Pada Kabupaten Sukamara. Tesis Undip Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.