TEKNIK DATA MINING DAN DECISION SUPPORT SYSTEM UNTUK KEUNGGULAN BERSAING (Study Kasus Perusahaan TV Kabel )
Abstract
Penggunaan TVCable di Indonesia diperkirakan akan meningkat seiring dengan tingkat kesadaran akan pentingnya hiburan dan informasi. Masalah yang timbul adalah bagaimana perusahaan bisa menawarkan paket chanel yang sesuai dengan yang diharapkan pelanggan berdasarkan data transaksi yang telah terjadi. Dengan teknik data mining, data akan digali serta dikelompokkan berdasarkan sejarah transaksi antara konsumen dan paket chanel. Data hasil pengelompokan tersebut akan di interasikan dengan masing-masing field sehingga terbentuk sebuah fakta baru. Dari data fakta baru ini kemudian diolah dengan sebuah methode system pendukung keputusan untuk dapat memberikan informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan tentang penentuan paket TVCable.
Full Text:
PDFReferences
Jahanshahloo, G.R., Hosseinzadeh L, F., Izadikhah, M., 2006, Extension of the TOPSIS method for decisionmaking problems with fuzzy data, Proceeding Applied Mathematics and Computation, Arak-Iran.
Kusumadewi, Sri., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta
Santosa, Budi., 2007, Data Mining Terapan dengan Matlab, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.