IMPLEMENTASI DATA MINING TERHADAP PENYUSUNAN LAYOUT MAKANAN PADA RUMAH MAKAN PADANG “MURAH MERIAH”

Oliver Zakaria, Kusrini Kusrini

Abstract


Rumah makan padang adalah rumah makan dengan konsep prasmanan yang menuntut seseorang untuk mengambil sendiri makanan yang ingin mereka makan sesuai dengan kebutuhan mereka. Pada Rumah Makan Padang Murah Meriah, penyusunan layout makanan dilakukan secara acak dan tidak ada aturan yang mengikat dalam penyusunan makanan prasmanan ini. Database menampung semua data yang berhubungan dengan kegiatan transaksi. Rumah makan akan menyimpan kegiatan transaksinya ke dalam database, yaitu kombinasi masakan atau makanan(produk) yang dibeli oleh pengunjung. Dengan menggunakan Data Mining algoritma asosiasi, data yang tersimpan tersebut dapat digali dan diolah sehingga mendapatkan sebuah informasi baru. Dengan penemuan informasi baru ini, diharapkan dapat membantu pihak Manajer rumah makan untuk menentukan pola penyusunan layout makanan prasmanan yang baru sehingga penyusunan layout makanan yang ada, tidak secara acak lagi.

Full Text:

PDF

References


Hangbo Du, 2010. Data Mining Techniques and aplications : An Introduction. Brendan George, C&C Offset.

Fatta, Hanif Al, 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kusrini, dan Emha Taufik Luthfi, 2009. Algoritma Data Mining. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Luthfi Taufiq, Emha, 2009. Penerapan Data Mining Algoritma Asosiasi Untuk Meningkatkan Penjualan. STMIK Amikom, Yogyakarta.

Masykur Huda, Nuqson, 2010. Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Informasi Tingkat Kelulusan Mahasiswa. Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.