METODE PENINJAUAN DASHBOARD DARI BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK MEMBUAT KEPUTUSAN LEBIH BAIK

Meta Amalya Dewi, Arfiah Arfiah, Asdin Asdin

Abstract


Semakin berkembangnya suatu perusahaan dan berkembangnya teknologi membuat banyak perusahaan mengalami kesulitan untuk melakukan pengambilan keputusan secara akurat. Penggunaan dashboard berperan sangat penting dalam organisasi maupun perusahaan sebagai alat monitoring dan pengukuran secara terus menerus untuk memastikan ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga semua pekerjaan terkontrol dengan baik, dan pimpinan dapat secara cepat, tepat, dan akurat dalam melakukan pengambilan keputusan. Proses monitoring tersebut memerlukan data dan informasi yang diambil dari seluruh bagian organisasi, penerapan Business Intellligence dibuat untuk membantu dalam pengambilan keputusan dari berbagai proses data yang ada pada suatu organisasi. Penelitian ini menggunakan metode analisa dan studi pustaka. Bentuk penyajian dengan dashboard terutama untuk aplikasi business Intelligence akan sangat membantu sesuai tingkat level dalam pengambilan keputusan yaitu manajemen level strategik dan taktikal sesuai dengan karakteristik dari business intelligence.

Full Text:

PDF

References


Eckerson, Wayne.2006. Performance dashboards: measuring, monitoring, and managing your business. John Wiley & Sons, Inc.

Henderi, Raharja Untung, Sunarya Abas. Dashboard Technology: Sistem Evaluasi Kinerja Cybercorp 2020, Tangerang : Perguran Tinggi Raharja, 2007.

Henderi, Raharja Untung, Oktisa Qory, Henderi Muhamad. Dashboarding Information System For The Education Sector : Aplication and Methodologies, Tangerang Perguruan Tinggi Raharja, 2011.

Ricardo Edwin. Perancangan digital dashboard system untuk menyajikan key performance indicators: studi kasus bidang riset dan penelitian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia 2007.

Muhamad Hendri, Dashboard Information System Evaluasi Kerja Mandiri Pada Perguruan Tinggi Raharja, unpublished.

Purnama Fitrah, Penggunaan Dashboard Sebagai Alat Pembantu Pengambilan Keputusan, unpublished.

Rizky Dinal A. Implementasi Dashboard Untuk Memonitor Kinerja Pegawai dan Program Acara di Statsiun Radio Berbasis Web.Jakarta,2010. Amikom.Yogyakarta.

Henderi, dkk. Perancangan Dashboard Information System Menggunakan XML. Tangerang. 2012

Hariyanti, Eva. Pengembangan Metodologi Pembangunan Information Dashboard Untuk Monitoring Kinerja Organisasi, http://iatt.kemenperin.go.id/tik/fullpaper/fullpaper173_Ev a_Hariyanti_stei_itb.pdf, Jakarta ,2008, diakses tanggal 4 Desember 2012.

PureShare. (2005), Proactive Metrics Methodology, PureShare Whitepaper, http://pureshare.com/products/proserve_method, diakses tanggal 4 Desember 2012.

Noetix Corp. (2004), Dashboard Development and Deployment: A Methodology for Success, Noetix Corp, http://www.accountingweb.com/sites/default/files/dash_d evelop.pdf, diakses tanggal 4 Desember 2012.

Gonzalez, Tom. (2006), Key Performance Indicators and Metrics:Choosing the Right Data to Display, BrightPoint Consulting, Inc, http://brightpointinc.com/Articles.asp?File=Dashboard%2 0Design%20Metrics%20and%20KPIs.htm, diakses tanggal 4 Desember 2012.

Kusnawi. 2010. Tinjauan Umum Metode Pendekatan Dashboard Pada Proses Business Intelligence.AMIKOM. Yogyakarta.

Muchtar, Masjono. Klasifikasi Keputusan (lanjutan),http://www.masjono.netne.net/slide6.pdf, diakses tanggal 5 Desember 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.