DESAIN SISTEM PENGONTROLAN PEMBELIAN BAHAN BAKAR MINYAK BERSUBSIDI MENGGUNAKAN RFID BERBASIS WEB

S. Samsugi, Adhistya Erna Permanasari, Warsun Najib

Abstract


 Makalah ini menjelaskan tentang desain dalam membangun sebuah sistem yang sedianya digunakan untuk melakukan pembatasan pembelian BBM (Bahan Bakar Minyak) bersubsidi berbasis Website sehingga dapat diakses oleh seluruh SPBU yang ada. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan True Experiment. Desain yang dibangun adalah sistem pengontrolan pembelian BBM menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). Setiap kendaraan pribadi di pasang Tag RFID yang berisi informasi tentang nama pemilik, alamat, nomor kendaraan, jenis kendaraan, kapasitas mesin (cc), lokasi pembelian BBM, kuota BBM bersubsidi, dan jumlah pembelian BBM. RFIDyang akan di pasang di body kendaraan bertujuan untuk merekam setiap transaksi pembelian BBM bersubsidi berdasarkan ID pada Tag RFID. Desain yang di buat memiliki 4 form yaitu form login, form input data kendaraan ke database, form transaksi dan report yang dapat dicetak bila data di perlukan dalam bentuk hard copy.


Full Text:

PDF

References


http://www.jpnn.com/read/2013/04/05 /165967/Kuota-BBM-Sudah-Jebol, di unduh tanggal 16 April 2013.

Carwoto, “Rancangan otomasi berbasis internet untuk pengendalian proses penyaluran bahan bakar minyak (bbm) bersubsidi”, Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke-2 Tahun 2011, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang. 2011.

Fagui LIU, Yang ZOU, dan Wenhui LIAO, Standard system framework of rfid application in logistics, Research projects of radio frequency identification (RFID) standards No. GDRMS20090211 and Guangdong Modern Information Service Industry Development Special No. GDIID2008IS016, IEEE, 2009.

Liang Zhihong, Lu Jun, Design on Information Managament System of Gas Station, 2012 Fifth International Conference on Intelligent Computation Technology and Automation, IEEE, 2012.

Paul Golding and Vanesa Tennant, “Performance and Reliability of Radio Frequency Identification (RFID) Library System”, International Conference on Multimedia and Ubiquitous Engineering (MUE 2007), IEEE, 2007

http://forum.kompas.com/sains/210878-penjelasan-sederhanatentang- rfid.html, di unduh tanggal 19 mei 2013

http//www.Papirus2.te.ugm.ac.id, Perpasive dan Aplikasi Bergerak.

Kadir. A., 2008, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, page 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.