EVALUASI PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI DI PERGURAN TINGGI MENGGUNAKAN INFORMATION SYSTEM (IS) EFFECTIVENESS VARIABLE

Vivi sahfitri

Abstract


 Setelah dilakukan implementasi Sistem Informasi, diperlukan penelaahan pasca implementasi yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas Sistem Informasi yang digunakan dengan melihat pengaruh antar variabel dalam Evaluasi pemanfaatan sistem informasi di Perguran tinggi menggunakan Information system (is) effectiveness Variable. Dari hasil pengujian yang dilakukan Uji F untuk variabel System Quality, Information quality dan service quality terhadap variabel Use (intention to use) tidak berpengaruh signifikan sedangkan untuk Uji t yang dilakukan, variabel service quality tidak berpengaruh secara signifikan tehadap Variabel Use. Uji F pada variabel System Quality, Information Quality dan Service Quality terhadap Variabel User satisfaction memperoleh hasil berpengaruh signifikan sedangkan untuk uji t yang dilakukan, variabel service quality tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel user satisfaction. Sedangkan pengukuran untuk uji F antara variabel System quality, information Quality, Service quality, Use (intention to use) dan User satisfaction terhadap variabel Net benefits berpengaruh signifikan antar semua variabel, sedangkan uji t yang dilakukan membuktikan variabel Service Quality tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Net benefits.


Full Text:

PDF

References


DeLone, W.H., dan McLean, E.R. (1992), “Information System Success : The Quest for the Dependent Variabel,”Information System Research, Vol. 3, No.1 h.60-95.

Jumaili, Salma. 2005. “ Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru Dalam Evaluasi Kinerja Individual” Kumpulan Materi Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo, 15-16 September 2000.

Martin, E.W., dkk (2002), Managing Information Technology, 4th Edition. New Jersey : Prentice Hall.

McLeod., 2005. Management Information System. McGraw Hill.

Pitt.L.F., Watson, R.T., dan Kava, C.B. (1995), “ Service Quality : A Measure of Information System Effectiveness,” MIS Quarterly, Vol.19, No.2, h.173-188.

Ridwan, 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Muda. Alfabeta Bandung.

Seddon, Graeser, V., dan Willcocks, L.P. (2000),” Measuring Organizational IS Effectiveness : An Overview and Update of Senior Management Perspectives,” The DATABASE for Advances in Information System, Vol.33, No.2 H.11-28.

Weber, Ron (1999), Information System Control and Audit. New Jersey : Prentice Hall, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.