MENINGKATKAN KINERJA HUMAN RESOURCE MANAGEMENT DENGAN HUMAN RESOURCE INFORMATION SYSTEMS

Lendy Rahmadi, Eko Boedijanto

Abstract


Pengelolaan SDM (yang selanjutnya disebut Human Resource Management/HRM) merupakan masalah kritis dalam organisasi. Meskipun dalam organisasi telah diatur dengan berbagai macam aturan yang mengikat individu demi tujuan organisasi, tapi individu tetap individu yang keberadaannya dalam orgnasisasi mempunyai sifat berpikir,pola piker, perasaan dan sebagainya. Maka dari itu untuk melakukan pengelolaan SDM diperlukan perencanaan pengelolaan SDM yang tepat dan benar serta alat bantu yang dapat mereduksi atau mengurangi permasalahan kritis seperti dijelaskan di atas. Alat bantu tersebut tersebut berupa teknologi informasi yang dapat dipergunakan untuk mengelola SDM atau lebih dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia (yang selanjutnya disebut Human Resource Information Systems/HRIS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan kinerja pengelolaan SDM (Human Resource Management/HRM) dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen SDM (Human Resource Information Systems/HRIS). Penulis akan melakukan penelitian terhadap dua perusahaan yang dimana satu perusahaan menerapkan SIM SDM/HRIS dan yang lainnya tidak menggunakan HRIS untuk menganalisa pengaruh penggunaan HRIS dalam pengelolaan SDM (HRM) di kedua perusahaan. Dalam kesimpulannya nanti, akan diketahui cara meningkatkan kinerja pengelolaan SDM/HRM dengan menggunakan SIM SDM/HRIS dan kemanfaatan HRIS dalam HRM di kedua perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Senyucel. Zorlu, “Managing the human resource in 21st Century”, Ventus Publishing ApS, 2009

Agarwal, R, Ferrant, T.W, “Crafting an HR Strategy to meet the need for IT Worker”,Communication of The ACM, 1999; Lengnick-Hall, M.L. and S. Moritz, The Impact of E-HR on the Human Resource Management Function. Journal of Labor Research, 2003.

Hustad, E, Munkvold, B.E, “IT Supported competence management: A case study at Ericson”, Information Systems Management, 2005.

Shrivatsava, S. dan Shaw, J.B. "Liberating HR throung technology", Human Resource Management, 42, 3, 2003.

Eko Budijanto. MT, “Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia”, Graha Ilmu, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.