Perancangan Kasir Cerdas Berbasis Teknologi Passive RFID pada Pusat Perbelanjaan Grosir

Gede Angga Pradipta, I Wayan Mustika, Selo Sulistyo

Abstract


 Meningkatnya jumlah customer pada supermarket terutama pada hari-hari tertentu membuat permasalahan kenyamanan serta efektifitas proses belanja di supermarket. Masalah antrian pada kasir merupakan masalah yang paling terlihat dapat mengganggu kenyamanan customer dan dapat memakan waktu yang cukup lama sehingga efektifitas sistem kasir yang ada akan menurun. Pada penelitian ini akan membahas mengenai teknologi passive radio frequency identifier yang akan diintegrasikan pada sistem kasir. Proses identifikasi barang belanjaan tidak lagi menggunakan teknologi barcode melainkan setiap barang akan ditanamkan sebuah tag radio frequency identifier untuk identifikasi data. Customer hanya tinggal melewati area kasir dan total pembelanjaan akan terhitung pada sistem kasir. Sistem pembayaran menggunakan card radio frequency identifier dimana sebagai card member dari para customer. Setiap card member akan berisikan deposit uang yang tecatat dalam database. Customer hanya tinggal membawa card tersebut pada area reader maka deposit uang yang dimiliki akan dikurangi total belanjaan saat itu dan sistem langsung mencetak bukti bayar. Teknologi sms gateway juga diterapkan untuk memberikan notifikasi kepada customer melalui SMS tentang jumlah deposit uang yang mereka miliki dan pesan jika jumlah deposit customer telah habis. Dengan menggunakan sistem seperti ini maka kenyamanan dan kepuasan customer saat berbelanja diharapkan akan meningkat dan menjadi nilai lebih dari sisi supermarket itu sendiri.


Full Text:

PDF

References


Erwin, Radio frequency Identification, fakultas Teknologi Industri, Institute Teknologi Bandung, 2004.

White, G., Gardiner, G., Prabhakar, G. P. and Abd Razak, A. (2007) A comparison of barcoding and RFID technologies in practice. Jour-nal of Information, Information Technology and Organizations, 2.pp. 119- 132. ISSN 1557-1319 .

Luo Zhengshan,Wang Hongchao, “ Research on intelligent supermarketarchitecture based on The Internet of Things techonology”, school of management,Xi’an University of Architecture & Techonology, ICNC 2012.

Wu Ningyuan, Zheng Zengwei, Cai Jianping, Chen Yuanyi, “ Advertisment and Shopping Guide System for large Supermarket based on wireless Sensor Network”, Zheijiang University City Collage, IEEE 2012.

Rong Chen, Li Peng, Yi Qin, “Supermarket Shopping Guide System based on Internet of things”, School of Iot engineering, Jiangan University,Wuxi,Jiangsu,National Natural Science foundation of China (60973095),2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.