PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JASA PENGIRIMAN BARANG BERBASIS WEB

Harry Dhika, Lukman Lukman, Aswin Fitriansyah

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengasilkan sebuah aplikasi berupa sistem informasi jasa pengiriman barang berbasis web dan dibuat dengan metode Diagram Alir Data (DAD). Sebanyak 10 perusahaan swasta di DKI Jakarta menjadi sampel dalam pembuatan aplikasi berbasis web. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seperti apa sistem yang digunakan dalam mengolah data-data di perusahaan jasa transportasi serta meminimalisir kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengiriman barang dan jasa selain itu para pembaca dapat memahami penggunaan sistem informasi jasa pengiriman barang, untuk kepentingan kegiatan pengiriman barang. Aplikasi web yang dibuat memberikan informasi mengenai perjalanan barang dari daerah yang satu ke daerah yang lain sehingga pihak penyedia layanan atau pemilik barang dapat menggunakan informasi tersebut (tracking), memuat berbagai informasi pengiriman terkini, memuat informasi tarif, memuat profile dan memberikan informasi lain yang berguna bagi pelanggan. Hal ini dapat meminimalisir hilangnya barang, atau kecelakaan kerja lainnya dan barang yang dikirimkan dapat sampai di tempat tujuan sesuai dengan rencana awal pengiriman.


Full Text:

PDF

References


Febrian, Jack. 2004. Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi. Penerbit Informatika Bandung. Bandung.

Hermawan, ferry, dkk. 2010. Jurnal: Pengembangan Angkutan Uumum didaerah Suburban Kota Semarang Berbasis Sistem Informasi Geografis. Bandung: Aptikom.

Kendal Kendal. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem: Edisi ke lima-jilid 1. Jakarta: Indeks.

Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat versi ix. http://simlitabmas.dikti.go.id/fileUpload/pengumuman/Panduan_P elaksanaan_Penelitian_dan_PPM_Edisi_IX_2013a.pdf

Prabowo, Nugroho Agung, dkk. 2010. Sistem Pendukung Keputusan Sebagai Analisis Pemilihan Rekanan Pengadaan Barang Dan Jasa di Politeknik Negeri Semarang. Bandung: Aptikom

Risnandar, Pratama Tirta Wulandari W. K. 2010. Integrasi Teknologi Informasi dan Supply Chain Management (Studi Kasus: PT. X, West Java). 2010. Bandung : Aptikom.

Sutabri, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Saputra, Agus. 2012. Sistem Informasi Nilai Akademik untuk Panduan Skripsi. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Madcom. 2013. Kupas Tuntas adobe Dreamweaver dengan pemograman PHP dan MYSQL CS6. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.