IT BALANCED SCORECARD DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENYELARASAN TI DENGAN STRATEGI BISNIS

Liza Haryani, Indriana Hidayah

Abstract


Bagi sebuah perusahaan, penyelarasan teknologi informasi terhadap proses bisnis merupakan hal yang penting. Keberhasilan implementasi teknologi informasi bagi suatu perusahaan/ organisasi dilihat dari seberapa besar TI perusahaan tersebut memberikan value dan dukungan bagi pencapaian tujuan bisnisnya.

IT   Balanced   Scorecard   memungkinkan   perusahaan untuk menerjemahkan visi, misi dan strategi bisnis perusahaan yang menjadi indikator kinerja yang jelas untuk semua pihak. Hal ini memungkinkan pencapaian tujuan perusahaan lebih dapat dipastikan. Makalah ini bertujuan untuk memetakan proses penyelarasan TI dengan  strategi  bisnis,  yang  meliputi  tahapan  dari empat perspektif IT Balance Scorecard, perancangannya dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan IT Balanced Scorecard.


Full Text:

PDF

References


Luftman, et al. Assesing Business-IT Alignment Maturity. Communications of the association for information systems. Volume 4 article 14. 2000.

Ward and Peppard. Strategic Planning for Information Systems. Third Edition. Cranfield School of Management. Cranfield, Bedfordshire, UK. 2002.

Hendeson and Venkratman.Strategic Alighment Leveraging 1993.

Kaplan and Norton The Balanced Scorecard- Measure that Drive Performance. Harvard Business Review.1992.

Wim Van Grembergen. The Balanced Scrorecard and IT Governance. 2000

Gunanto et al. Pengukuran Kinerja Divisi TI Pada PT. X dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Universitas Bina Nusantara. Jakarta. 2005.

Australian Government Departemen of Fianncial and Administration-Performance Indocator Resource Catalogue .2006.

Kusek, Jodu Zll and Ray C.Rist Ten Steps to A Resukts Based Monitoring and Evsluation System (chapter 3). The World Bank.

Niven, R. Paul. Balnced Scorecard Step by Step Maximining Maintaning Results. Joh Wiley&Sons, Inc. Newyork. 2002

Rajagukguk, Puspita Idowati. Cascading, Lebih Dari Sekedar Mengkomunikasikan Strategi, Tetapi Komitmen. Buletin Kinerja Edisi 3. 2009

Waspodo, Bayu. Kerangka Kerja Pengukuran Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard Untuk Departemen Sistem Informasi. 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.