REKAYASA APLIKASI KATALOG REKOMENDASI PEMILIHAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE FUZZY TAHANI

Deby Kurniawan, Muhammad Fadlan

Abstract


Pemilihan sepeda motor sebagai alat utama berkendara merupakan   pilihan   yang   paling   tepat   jika   ingin bepergian  dengan  lebih  cepat  pada  jarak  menengah. Oleh karena itu banyak sekali bermunculan produk sepeda  motor  dari  berbagai  pabrikan  sebagai  imbas dari   minat   masyarakat   akan   hal   tersebut.   Namun diantara sebagian masyarakat masih banyak yang bingung dalam menentukan pilihan sepeda motor yang cocok.

Dalam   penelitian   ini   akan   dibuat   sebuah   katalog rekomendasi pemilihan sepeda motor menggunakan metode  fuzzy tahani. Dengan adanya katalog tersebut dapat   dihasilkan   peringkat-peringkat   sepeda   motor sesuai dengan kriteria-kriteria yang diinginkan konsumen, sehingga dapat membantu konsumen dalam proses pemilihan produk sepeda motor yang tepat sesuai dengan   kriteria   yang   diinginkan.   Konsumen   dapat dengan  mudah   menentukan   pilihan   kriteria   sepeda motor   yang   diinginkan,   lalu   krieria   tersebut   akan diproses berdasarkan metode fuzzy tahani yang akan menghasilkan beberapa rekomendasi pilihan sepeda motor. Aplikasi dibuat dengan menggunakan pemrograman  Microsoft  Visual  Basic  6.0  dan  MS. Access sebagai database storage.


Full Text:

PDF

References


Logika Fuzzy

http://id.wikipedia.org/wiki/Logika_fuzzy. diakses tanggal 12 Oktober 2013.

Kusumadewi S dan Purnomo H. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2004.

Logika Fuzzy

http://informatika.web.id/logika-fuzzy.htm. diakses tanggal 15 Oktober 2013.

Metode Fuzzy Database Model Tahani http://binformatika.wordpress.com/2011/04/21/metode-fuzzy- database-model-tahani-untuk-decision-support-system/. diakses tanggal 01 Desember 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.