ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN (SAPK) (Studi kasus di BKD Provinsi/Kabupaten/Kota se-NTB)

Savitri Savitri, Wing Wahyu Winarno, Sasongko Pramono Hadi

Abstract


Pelayanan instansi-instansi pemerintah saat ini masih cenderung bertele-tele, birokratis, kurang informative, kurang transparan dan lamban. Hal ini berusaha diperbaiki oleh pemerintah dengan mewujudkan good governance yang berlandaskan pada manajemen kerja yang   efektif   dan   efisien.   Salah   satunya   dengen penerapan teknologi informasi. Makalah ini membahas analisis kualitas layanan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dengan objek penelitian di Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan focus pada faktor-faktor utama yang mempengaruhi kualitas layanan dengan menggunakan model IS-ZOT ServQual. Dari hasil penelitian  dapat  menyimpulkan  dari  keseluruhan variabel yang telah diidentifikasi, variabel kritis memerlukan perhatian lebih adalah variabel Rb4:SAPK menyampaikan informasi kepegawaian sesuai dengan waktu yang dijanjikan, Rs7(Kesediaan SAPK untuk membantu pengguna), Rp11 (Bagian TI mampu menjawab pertanyaan), Rp14 (Bagian TI sungguh- sungguh mengutamakan kepentingan pengguna), T16 (SAPK yang berdaya tarik visual), T17(Bagian TI yang berpenampilan rapi dan profesional) dan T18 (Materi- materi SAPK yang berdaya tarik visual). Sedangkan layanan yang perlu ditingkatkan adalah variabel Rb4 (SAPK menyampaikan informasi kepegawaian sesuai dengan waktu yang di janjikan ).Keseluruhan variabel ini berpengaruh terhadap kualitas layanan SAPK. Diharapkan  dengan  teridentifikasikan  variabel  kritis yang diidentifikasi oleh BKD Provinsi/Kabupaten/Kota se-NTB ini dapat sebagai masukan terhadap BKN untuk meningkatkan kualitas pelayanan SAPK di masa akan datang.

Full Text:

PDF

References


Zeithaml, Valarie A.,Leonard L. Berry, and A. Parasuraman, “Problem and Strategis in Services in Strategis in Services Marketing,” Jounal of Marketing, pp. 35-48, 1985.

T. Estuningrum, Evaluasi Implementasi Sistem Aolikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) Kabupaten Trenggalek, Yogyakarta: Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, 2010.

Kettinger, W. J., and Lee, C, “Zones of Tolerance: Alternative Scales for Measuring Information Systems Service Quality,” MIS Quarterly, pp. 607-623, 2005.

Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A., “Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research,” Journal of Marketing, vol. 49, pp. 41-50, 1985.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.