PEMETAAN KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP FITUR APLIKASI E- BUSINESS MENGGUNKAN MODEL KANO GUNA MENCAPAI KEUNTUNGAN KOMPETITIF ( Studi Kasus : Aplikasi E-Business UNIKOM)

Diana Effendi

Abstract


Setiap organisasi saat ini memiliki kecenderungan untuk meningkatkan kemampuannya dalam hal memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh konsumennya tidak terkecuali organisasi tersebut merupakan perguruan tinggi salah satunya UNIKOM. Keinginan tersebut tentunya harus didukung oleh berbagai hal, salah  satunya  adalah  dukungan  pengembangan teknologi sistem informasi dan organisasi untuk lebih bisa bersaing dengan pesaingnya. Dalam penelitian ini membahas mengenai perencanaan pengembangan aplikasi E-Business UNIKOM dengan melakukan identifikasi kebutuhan fitur aplikasi yang ada di aplikasi E-Business menggunakan model Kano. Model Kano merupakan metode yang digunakan untuk menentukan pengaruh  dari  masing-masing  komponen  produk  dan jasa terhadap kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini dihasilkan suatu pemetaan kebutuhan fitur yang ada di aplikasi E-Business UNIKOM yang  berkaitan dengan fitur yang mendukung kegiatan akademik, sehingga nantinya diharapkan instansi terkait dapat lebih meningkatkan fitur yang ada di aplikasi E-Business yang telah digunakan dan harus seperti apa nantinya guna dapat bersaing dengan para pesaingnya.

Full Text:

PDF

References


Elmar Sauerwein , Franz Bailom, Kurt Matzler, Hans H. Hinterhuber, The Kano Model: How To Delight Your Customers, Department of Management, University of Innsbruck, faculty.kfupm.edu.sa/CEM/bushait/.../kano/kano-model2.pdf, , diakses 1 Maret 2013.

Indrajit, R.E.., Konsep dan Aplikasi E-Business, Andi Offset, Yogyakarta, 2002.

Sudjana, Statistika II, Tarsito, Bandung, 1997.

Michael Liberman, Adding Value To CSM : The Kano Model, http://download.investingx.net/a/adding-value-to-csm-the-kano- model-e361.pdf , diakses 1 Maret 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.