BASIS DATA PARALEL PADA SISTEM MULTIKOMPUTER MENGGUNAKAN POSTGRESQL-MPI

Rizki Arif Firdaus, Ahmad Ashari

Abstract


Basis data merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam perkembangan teknologi informasi dan komputer. Perkembangan basis  data  pun  semakin  cepat  hingga mencapai ukuran yang semakin besar. Semakin besar ukuran  basis  data  menyebabkan  waktu  pemrosesan query yang dibutuhkan semakin lama. Salah satu alternatif  untuk  mengurangi waktu  pemrosesan query tersebut yaitu dengan pemrosesan paralel. Basis data yang diimplementasikan dalam platform komputasi paralel dinamakan sebagai basis data paralel.

 

Pada penelitian ini basis data paralel diterapkan pada sistem multikomputer yang mana digunakan delapan komputer (satu komputer sebagai master dan tujuh komputer  sebagai  slave/pemroses)  yang  saling terhubung dalam jaringan. Sistem manajemen basis data yang digunakan yaitu PostgreSQL dan memanfaatkan MPI sebagai standard pertukaran pesan antarkomputer dalam jaringan. Query paralel yang diujikan terdiri dari parallel select, parallel max, dan parallel join.

 

Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan   performa   pada   query   parallel   select, parallel max, dan parallel join dengan kondisi sublinear speed up jika dibandingkan dengan pemrosesan query secara serial. Tingkat performa tersebut juga dapat dipertahankan dengan kondisi sublinear scale up. Selain itu, dari grafik perbandingan antara speed up atau scale up dengan jumlah pemroses dapat diperoleh fungsi polinomial dengan interpolasi Lagrange.

Full Text:

PDF

References


B. Wilkinson and M. Allen, Parallel Programming Techniques & Applications Using Networked Workstations and Parallel Computers, 2nd edition, Pearson Education, Inc., 2004.

T. Maryanto, “Aplikasi High Performance Computing H. El-Rewini and M. Abd-El-Barr, Advanced Computer

Architecture and Parallel Processing, New Jersey : John Wiley & Sons, Inc., 2005.

D. Taniar, C. H. C. Leung, W. Rahayu, S. Goel, High-Performance Parallel Database Processing and Grid Databases, John Wiley & Sons, Inc., 2008.

E. Utami and S. Raharjo, “Koneksi Database PostgreSQL dengan Bahasa C menggunakan Embedded SQL,” 2003.

D. Setiadi, “Parallel Database dengan menggunakan MySQL Cluster sebagai High Availability Database dan Load Balancing Transaction,” Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada, 2007.

MPI Forum, MPI : A Message Passing Interface Standard Version 2.1, Tennessee : University of Tennessee, 2008.

A. Bustamam, H. Suhartanto, T. Basaruddin, “Implementasi Metode Iteratif Paralel Implisit Multistep Runge-Kutta pada Sistem Paralel MPI-Linux,” in Proc. Lokakarya Komputasi dalam Sains dan Teknologi NuklirXIII BATAN, July 3-4, 2002.

N. MacDonald, E. Minty, J. Malard, T. Harding, S. Brown, M. Antonioletti, Writing Message Passing Parallel Programs with MPI, Edinburgh Parallel Computing Centre, Edinburgh : The University of Edinburgh, 1995.

Krisnawati, “Implementasi Interpolasi Lagrange untuk Prediksi Nilai Data Berpasangan dengan Menggunakan Matlab,” in Proc. Seminar Nasional Teknologi, November 24, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.