MAXIMUM MARGINAL RELEVANCE UNTUK PERINGKASAN TEKS OTOMATIS SINOPSIS BUKU BERBAHASA INDONESIA

Aida Indriani

Abstract


Peringkasan teks otomatis merupakan salah satu bidang Information Retrieval System yang saat ini banyak digunakan untuk mendapatkan sebuah ringkasan (summary) terhadap suatu dokumen. Proses belajar mengajar tidak lepas dari beberapa sumber yang biasanya digunakan sebagai bahan referensi, salah satunya adalah buku. Untuk mencari buku yang sesuai dengan pilihan (query) dapat dilakukan dengan membaca sinopsis dari buku tersebut. Banyaknya katakata atau kalimat yang terdapat pada sinopsis buku terkadang tidak mengandung query yang diinginkan. Manfaat dari peringkasan teks dapat digunakan untuk kelancaran proses belajar mengajar, yaitu dengan melakukan peringkasan teks otomatis terhadap sinopsis buku secara cepat dan tepat. Dalam proses peringkasan teks otomatis sinopsis buku dilakukan dengan beberapa tahapan dari pre-processing yaitu: pemecahan kalimat, tokenizing, penghapusan stop-words dan stemming. Langkah selanjutnya yaitu melakukan perhitungan pembobotan tf idf, query relevance dan bobot similarity kalimat. Hasil akhir ringkasan diperoleh dengan menggunakan metode maximum marginal relevance. Untuk uji coba digunakan 20 data uji yang diambil dari koleksi buku perpustakaan STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati yang berbahasa Indonesia. Hasil pengujian dibandingkan dengan ringkasan manual yang menghasilkan rata-rata recall 73,6% dan precision 62,4%.


Full Text:

PDF

References


“Kamus Besar Bahasa Indonesia”, http://kbbi.web.id/sinopsis, (diakses tanggal 11 Nopember 2013).

Fuji Mulia, http://www.trigonalworld.com/2013/05/pengertiandan- tujuan-ringkasan.html, (diakses tanggal 11 Nopember 2013).

M. Mustaqhfiri, Z. Abidin, R. Kusumawati, “Peringkasan Teks Otomatis Berita Berbahasa Indonesia Menggunakan Metode Maximum Marginal Relevance”, in n nitro PDF professional, pp. 134-147.

I. Mani, D. House, G. Klein dkk, "The TIPSTER SUMMAC Text Summarization Evaluation", in Proc. Of EACL 1999, pp.77, 1999.

Budi Susanto, "Text Summarization", in Sebuah Pengantar TI UKDW, Februari 4, 2013.

C.D. Manning, P. Raghavan dan H. Schütze, " An Introduction to Information Retrieval", in Cambridge University Press, pp.26, April 1, 2009.

Husni Ilyas, "Unified Messaging System Information Retrieval & Klasifikasi Teks", in Komputasi | Suatu Permulaan Data Mining & IR, pp.6-8, Januari 22, 2010.

Kristina Paskianti, "Klasifikasi Dokumen Tumbuhan Obat menggunakan Algoritma KNN Fuzzy", in Thesis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB Bogor, pp.4, 2011.

Yixing Sun, "Using the Organizational and Narrative Thread Structures in an e-Book to Support Comprehension ", in A Dissertation submitted to The Robert Gordon University, pp.67, Agustus, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.