PENILAIAN TINGKAT CAPABILITY TATA KELOLA TI PADA ASPEK MANAJEMAN SUMBER DAYA MANUSIA

Rahmi Novita, Eko Nugroho, Sujoko Sumaryono

Abstract


Tata kelola TI merupakan salah satu pendorong utama proses transformasi bisnis menuju good governance. Untuk  menopang  penggelolaan  tata  kelola  TI, dibutuhkan SDM TI yang kompeten. Penelitian ini akan melakukan  penilaian  tingkat  capability  tata  kelola  TI pada aspek manajemen SDM.

Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah COBIT 5. Empat tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pertama tahap awal yakni studi literatur, telaah dokumen dan perumusan latar belakang tujuan dan manfaat penelitian. Kedua adalah tahap pemecahan   masalah   meliputi   identifikasi  IT-related goals, pemetaan IT-related goals dengan proses COBIT 5, penyusunan kuesioner dan penentuan responden. Ketiga  tahap  perumusan  masalah, dilakukan  analisis data dan pada tahap keempat atau tahap akhir ditarik kesimpulan.

Penilaian   akan   tingkat   Capability   proses   COBIT mengacu kepada standar Process Assessment Model (PAM) dari ICASA. Hasil dari penilaian capability tata kelola TI pada aspek manajemen dari 13 proses yang lakukan  penilaian diketahui  Dua  proses  berada  pada level 0, delapan proses pada level 1, satu proses pada level 2 dan dua proses pada level 3.


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto and Willy Abdillah, Sistem Tata Kelola Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi, 2011.

Peter Weill and Jeanne W Ross, IT Governance On One Page. England: Institute Technology of Cambridge, 2004.

ITGI, Enabling Process COBIT 5. USA: ITGI, 2012. [4] ITGI, Board Briefing on IT Governance 2nd Edition. USA: ITGI, 2003.

ITGI, A Business Framework for The Governance and Management of Interprise IT. USA: ITGI, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.