ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESENJANGAN DIGITAL (Studi Kasus: Kantor Camat pada Pemerintah XYZ)

Lalu Yudhi Prihadi, Ahmad Ashari, Sujoko Sumaryono

Abstract


Fenomena kesenjangan digital dicirikan dengan adanya kesenjangan antara warga negara dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda berdasarkan kesempatan dan kemampuan mereka untuk mengakses dan   menggunakan   TIK.    Kesenjangan   digital   juga terkait dengan kesetaraan memperoleh peluang.

Penelitian ini akan dilakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penyempitan kesenjangan digital menggunakan model pengukuran masyarakat informasi yang digunakan di Eropa yaitu SIBIS (Statistical Indicators Benchmarking the Information Society).

Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat dua faktor dari lima faktor yang diprediksi yang mempengaruhi penyempitan kesenjangan digital pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Kantor Camat Pemerintah XYZ, yaitu ketersediaan akses TIK dan pemanfaatan TIK.


Full Text:

PDF

References


Depkominfo, Dokumen Hasil Sidang: Konferensi Tingkat Tinggi Dunia Mengenai Masyarakat Informasi. Indonesia: Departemen Komunikasi dan Informatika RI, 2006.

SIBIS, SIBIS: New eEurope Indicator Handbook.: European Commision Publication, 2003b.

Wenhong Chen and Barry Wellman, "Charting and Bridging Digital Divides: Comparing Socio- economic, Gender, Life Stage, and Rural-Urban Internet Access and Use in Eight Countries," The AMD Global Consumer Advisory Board (GCAB), p. 22, Oktober 2003.

Eszter Hargittai, "The Digital Divide and What To Do About It," New Economy Handbook, pp. 1-22,

Kemly Camacho. (2005, November) Vecam. [Online]. http://vecam.org/article.php3?id_article=549.

SIBIS, Matching up to the Information Society: An evaluation of the EU, the EU Accession Countries, Switzerland and the United States.: Information Society Technologies, 2003a.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.