PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELACAKAN BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK PERUSAHAAN JASA SERVICE CENTER (STUDI KASUS: T-COMP JOGJA)

Agus Setiawan, Eko Nugroho, Dani Adhipta

Abstract


Dunia usaha bukanlah manufaktur semata, melainkan juga bidang pelayanan atau jasa. Pelanggan, tak bisa dipungkiri, merupakan aset tak ternilai bagi sebuah perusahaan.  Tanpa  adanya  pelanggan  sebagai  pihak yang membutuhkan (dana pada akhirnya membeli) produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, tentu produk atau jasa tersebut tidak akan menemukan tempat yang tepat. Salah satu yang mendukung pemecahan masalah antara hubungan pelanggan dengan produsen adalah Customer Relationship Management (CRM).

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi pelacakan berbasis dari CRM yang difokuskan   pada   sebuah   perusahaan   layanan   jasa Service Center T-Comp Jogja. Langkah – langkah penelitian ini ada enam tahapan yang akan dilalui, pertama yaitu wawancara dan observasi, kedua adalah pengumpulan persyaratan,  ketiga adalah perancangan sistem informasi, keempat adalah pengembangan sistem informasi, kelima adalah evaluasi terhadap hasil dari rancangan dan pengembangan, dan keenam adalah penarikan  kesimpulan  dan  saran.  Metode  yang digunakan untuk pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode rapid application development (RAD).

Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, diantarantanya adalah prototipe sistem informasi pelacakan perbaikan berbasis CRM untuk perusahaan jasa service center terdiri dari enam tabel utama yaitu, pengguna/user, barang, nota, keluhan, penanganan, dan sejarah   penanganan   barang.   Proses   utama   dari prototipe  ini  ada  enam,  yaitu  pengelolaan  pelanggan dan pengelolaan nota servis.

Full Text:

PDF

References


P. Kotler, Marketing management, 14th [ed.]. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall, 2012.

P. Mudie, The management and marketing of services, 2nd ed. Oxford ; Boston: Butterworth Heinemann, 1999.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta, 2004.

J. L. Whitten, Systems analysis and design methods, 7th ed. Boston: McGraw-Hill/Irwin, 2007.

R. A. Leitch, Accounting information systems. Englewood Cliffs, N.J: Prentice-Hall, 1983.

A. Noertjahyana, “Studi Analisis Rapid Application Development sebagai Salah Satu Alaternatif Metode

Pengembangan Perangkat Lunak,” Univ. Kristen Petra, vol. 3, no. 2, pp. 74–79, Nopember 2002.

M. Alexandrou, “CRM Definition | Infolific,” 2013. [Online]. Available: http://infolific.com/technology/definitions/computerdictionary/crm/.[Accessed: 27-May-2013].

W. Zikmund, Customer relationship management. [S.l.]: John Wiley & Sons, 2003.

B. Beck and J. Summer, “CRM: Not Just Operational and Collaborative - Information Management Magazine Article,” 2001. [Online]. Available: http://www.informationmanagement.com/issues/20010901/crm-3956-1.html.[Accessed:27-May-2013].

R. Indrajit, “Seputar CRM dan DRC - Q&A - eBizzAsia Agustus-Sept 2003,” 2003. [Online]. Available:

http://www.ebizzasia.com/0110-2003/q&a,0110,2.htm. [Accessed: 27-May-2013].

G. Booch, J. Rumbaugh, and I. Jacobson, The Unified Modeling Language User Guide. Reading-Massachusetts: Addison Wesley, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.