PENGEMBANGAN GAME STRATEGI "OUR KINGDOM"

Gunawan Gunawan, Fandi Halim, Jetson Surya

Abstract


Game  sering  dinilai  memiliki sisi  negatif, mulai  dari memiliki konten kekerasan, membuat pemain kecanduan, dan dampak negatif lainnya. Terlepas dari penilaian tersebut, game tentunya merupakan salah satu hiburan yang digemari. Pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan game yang tetap memberikan hiburan yang diharapkan, di samping itu memberikan edukasi sederhana, namun bermanfaat bagi para pemain.

 Pengembangan game menggunakan metodologi prototyping dan  dirancang dengan  bantuan  beberapa diagram UML. Game kemudian dibuat menggunakan bahasa pemrograman Action Script 3 dengan teknologi Flash, penyimpanan data menggunakan local shared object. Penentuan jangkauan pergerakan unit menggunakan algoritma Dijkstra, sedangkan pencarian rute (path finding) menggunakan algoritma A* (A-Star).

 Hasil  dari  pengembangan  ini  adalah  sebuah  game offline yang memiliki nilai edukasi dengan fokus utama mengalahkan musuh lewat pengaturan strategi. Di sela permainan akan disisipkan nilai edukasi. Pemberian edukasi ini akan disesuaikan dengan alur cerita agar tidak mengganggu fokus utama pemain dalam bermain game.


Full Text:

PDF

References


S. Song, “Why is There A Lack of Innovation in Educational Technology for Children?”, [Online]. Tersedia: http://www.forbes.com/sites/quora/2012/03/23/why-is-there-a-

lack-of-innovation-in-educational-technology-for-children [Diakses 08 Agustus 2013].

S. S. Brady and K. A. Matthews, “Effects of Media Violence on Health-Related Outcomes Among Young Men”, Arch Pediatr Adolesc Med, vol. 160, no. 4, pp. 341-347, 2006.

B. Bates, Game Design, Second Edition, Boston: Thomson Course Technology PTR, 2004.

E. Bethke, Game Development and Production, Texas: Wordware Publishing, 2003.

A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, System Analysis Design UML Version 2.0, Third Edition, Hoboken: John Wiley & Sons, Inc., 2007.

S. Kusumadewi, Artificial Intelligence: Teknik dan Aplikasinya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

E. W. Dijkstra, “A Note on Two Problems in Connexion with Graphs”, Numerische Mathematik, vol. 1, no. 1, pp. 269-271, 1959.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.