PENGEMBANGAN GAME STRATEGI "OUR KINGDOM"
Abstract
Game sering dinilai memiliki sisi negatif, mulai dari memiliki konten kekerasan, membuat pemain kecanduan, dan dampak negatif lainnya. Terlepas dari penilaian tersebut, game tentunya merupakan salah satu hiburan yang digemari. Pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan game yang tetap memberikan hiburan yang diharapkan, di samping itu memberikan edukasi sederhana, namun bermanfaat bagi para pemain.
Pengembangan game menggunakan metodologi prototyping dan dirancang dengan bantuan beberapa diagram UML. Game kemudian dibuat menggunakan bahasa pemrograman Action Script 3 dengan teknologi Flash, penyimpanan data menggunakan local shared object. Penentuan jangkauan pergerakan unit menggunakan algoritma Dijkstra, sedangkan pencarian rute (path finding) menggunakan algoritma A* (A-Star).
Hasil dari pengembangan ini adalah sebuah game offline yang memiliki nilai edukasi dengan fokus utama mengalahkan musuh lewat pengaturan strategi. Di sela permainan akan disisipkan nilai edukasi. Pemberian edukasi ini akan disesuaikan dengan alur cerita agar tidak mengganggu fokus utama pemain dalam bermain game.
Full Text:
PDFReferences
S. Song, “Why is There A Lack of Innovation in Educational Technology for Children?”, [Online]. Tersedia: http://www.forbes.com/sites/quora/2012/03/23/why-is-there-a-
lack-of-innovation-in-educational-technology-for-children [Diakses 08 Agustus 2013].
S. S. Brady and K. A. Matthews, “Effects of Media Violence on Health-Related Outcomes Among Young Men”, Arch Pediatr Adolesc Med, vol. 160, no. 4, pp. 341-347, 2006.
B. Bates, Game Design, Second Edition, Boston: Thomson Course Technology PTR, 2004.
E. Bethke, Game Development and Production, Texas: Wordware Publishing, 2003.
A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, System Analysis Design UML Version 2.0, Third Edition, Hoboken: John Wiley & Sons, Inc., 2007.
S. Kusumadewi, Artificial Intelligence: Teknik dan Aplikasinya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
E. W. Dijkstra, “A Note on Two Problems in Connexion with Graphs”, Numerische Mathematik, vol. 1, no. 1, pp. 269-271, 1959.
Refbacks
- There are currently no refbacks.