SISTEM KEPUTUSAN METODE BELAJAR BACA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK DENGAN METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP)

Dwi Marlina, Juliana Juliana, Halimatus Sa’diah

Abstract


Kemampuan membaca adalah satu ketrampilan sangat  penting yang dibutuhkan anak-anak mengarungi dunia  pembelajaran. Berbagai metode belajar membaca pun  bermunculan untuk membantu para guru dan orang tua  mengajarkan ketrampilan ini. Akan tetapi, metode saja  sebetulnya tidak cukup, sebab setiap anak itu unik dan  keunikan itu membutuhkan layanan metode yang  berbeda-beda. Yang lebih menentukan adalah  pemahanan orang tua tentang bagaiman sebetulnya  anak-anak itu belajar. Belajar membaca pada anak usia  dini harus bisa menjadi saat-saat yang menyenangkan  bagi mereka dan di Taman Kanak-kanak (TK) mereka  bisa mendapatkan model pembelajaran yang  menyenangkan. Taman Kanak-kanak merupakan  pendidikan anak usia dini pada jalur formal dan peletak  awal pembalajaran yang memberikan pondasi dasar  persiapan tahap belajar selanjutnya.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar  minat baca anak di taman kanak-kanak dalam  meningkatkan belajar baik di sekolah maupun di luar  sekolah yang diidentifikasi melalui metode ANP. Diduga  minat baca anak di taman kanak-kanak dipengaruhi oleh  faktor lain antara lain metode pengajaran, kemampuan  membaca, kemampuan Berbahasa yang disesuaikan  dengan pengelompokan sesuai dengan usia anak TK  (Kelompok A dan Kelompok B) dan didukung oleh media  atau alat peraga yang disediakan oleh guru.  Model ANP dapat melakukan pengukuran dan sintesis  sejumlah faktor-faktor dalam bentuk hierarki ataupun  jaringan antar cluster. Cluster yang terdapat pada  model ANP ini terdiri dari metode pengajaran  kemampuan membaca, kemampuan berbahasa dan  alternatif yang saling ketergantungan (berpasangan)  antar beberapa elemen (kriteria dan alternatif).  


Full Text:

PDF

References


Adiningsih, N. U. 2001. Pendidikan Anak Dini Usia. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhdinirwanto, W. (2003, November). Persoalan Implementasi KBK (12 paragraf).http://www.kompas.com/kompascetak/0311/10 /Didaktika/673033.htm

Ambarsari, Erlin W. (2011). Analisa Penentuan Layak Tambang Bahan Galian Golongan C Bentonit Wilayah Kabupaten Malang Dan Blitar Provinsi Jawa Timur Dengan Menggunakan Metode ANP. Program PascaSarjana Magister Ilmu Komputer Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Nusa Mandiri.Jakarta.

Ampuni, S. 2004. Proses Kognitif dalam Pemahaman Bacaan. Buletin Psikologi, VI, 2.

Anastasi, A., dan Urbina, S. 2003. Tes Psikologi (Alih Bahasa: Robertus H. Imam). Jakarta: Indeks.

Andriani, S. 2005. Perbedaan Efektivitas Metode Lembaga Kata serta Metode Struktural Analisis dan Sintesis (SAS) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Ringkasan Skripsi. Semarang: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Develop Reading Comprehension. Reading Improvement, 28, 4, 265.

Chaer, A. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman BahasaManusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kurikukum Taman Kanak-kanak 2004

Saaty, T. L. & Vargas, L. G. (2006). Decision Making With The Analytic Network Process. Springer. New York.

Simon, H. A. (1977). The New Science of Management Decision (Revised Edition). Prentice Hall. New Jersey.

Turban, E. Aronson, J. E. & Liang, T. P. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (7th ed.). Prentice Hall. New Jersey.

Turban, E. Sharda, R. & Delen, D. (2011) Decision Support and Business Intelligence Systems. Prentice Hall. New Jersey.

Vanany, I. (2003). Aplikasi Analytical Network Process (ANP) pada PerancanganSistem Pengukuran Kinerja (Studi Kasus pada PT X)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.