SISTEM KEPUTUSAN METODE BELAJAR BACA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK DENGAN METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP)
Abstract
Kemampuan membaca adalah satu ketrampilan sangat penting yang dibutuhkan anak-anak mengarungi dunia pembelajaran. Berbagai metode belajar membaca pun bermunculan untuk membantu para guru dan orang tua mengajarkan ketrampilan ini. Akan tetapi, metode saja sebetulnya tidak cukup, sebab setiap anak itu unik dan keunikan itu membutuhkan layanan metode yang berbeda-beda. Yang lebih menentukan adalah pemahanan orang tua tentang bagaiman sebetulnya anak-anak itu belajar. Belajar membaca pada anak usia dini harus bisa menjadi saat-saat yang menyenangkan bagi mereka dan di Taman Kanak-kanak (TK) mereka bisa mendapatkan model pembelajaran yang menyenangkan. Taman Kanak-kanak merupakan pendidikan anak usia dini pada jalur formal dan peletak awal pembalajaran yang memberikan pondasi dasar persiapan tahap belajar selanjutnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar minat baca anak di taman kanak-kanak dalam meningkatkan belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah yang diidentifikasi melalui metode ANP. Diduga minat baca anak di taman kanak-kanak dipengaruhi oleh faktor lain antara lain metode pengajaran, kemampuan membaca, kemampuan Berbahasa yang disesuaikan dengan pengelompokan sesuai dengan usia anak TK (Kelompok A dan Kelompok B) dan didukung oleh media atau alat peraga yang disediakan oleh guru. Model ANP dapat melakukan pengukuran dan sintesis sejumlah faktor-faktor dalam bentuk hierarki ataupun jaringan antar cluster. Cluster yang terdapat pada model ANP ini terdiri dari metode pengajaran kemampuan membaca, kemampuan berbahasa dan alternatif yang saling ketergantungan (berpasangan) antar beberapa elemen (kriteria dan alternatif).
Full Text:
PDFReferences
Adiningsih, N. U. 2001. Pendidikan Anak Dini Usia. Jakarta: Rineka Cipta.
Akhdinirwanto, W. (2003, November). Persoalan Implementasi KBK (12 paragraf).http://www.kompas.com/kompascetak/0311/10 /Didaktika/673033.htm
Ambarsari, Erlin W. (2011). Analisa Penentuan Layak Tambang Bahan Galian Golongan C Bentonit Wilayah Kabupaten Malang Dan Blitar Provinsi Jawa Timur Dengan Menggunakan Metode ANP. Program PascaSarjana Magister Ilmu Komputer Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Nusa Mandiri.Jakarta.
Ampuni, S. 2004. Proses Kognitif dalam Pemahaman Bacaan. Buletin Psikologi, VI, 2.
Anastasi, A., dan Urbina, S. 2003. Tes Psikologi (Alih Bahasa: Robertus H. Imam). Jakarta: Indeks.
Andriani, S. 2005. Perbedaan Efektivitas Metode Lembaga Kata serta Metode Struktural Analisis dan Sintesis (SAS) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Ringkasan Skripsi. Semarang: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Develop Reading Comprehension. Reading Improvement, 28, 4, 265.
Chaer, A. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman BahasaManusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kurikukum Taman Kanak-kanak 2004
Saaty, T. L. & Vargas, L. G. (2006). Decision Making With The Analytic Network Process. Springer. New York.
Simon, H. A. (1977). The New Science of Management Decision (Revised Edition). Prentice Hall. New Jersey.
Turban, E. Aronson, J. E. & Liang, T. P. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (7th ed.). Prentice Hall. New Jersey.
Turban, E. Sharda, R. & Delen, D. (2011) Decision Support and Business Intelligence Systems. Prentice Hall. New Jersey.
Vanany, I. (2003). Aplikasi Analytical Network Process (ANP) pada PerancanganSistem Pengukuran Kinerja (Studi Kasus pada PT X)
Refbacks
- There are currently no refbacks.