FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA WI-FI DI LINGKUNGAN AKADEMIK : STUDI LITERATUR

Maulana Hidayat, Wing Wahyu Winarno, Dani Adhipta

Abstract


Teknologi Wi-Fi merupakan teknologi jaringan komputer nirkabel yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan bertukar data baik itu melalui jaringan lokal maupun internet. Teknologi ini sudah dimanfaatkan sejak lama di berbagai bidang misalnya saja pemerintahan, bisnis, dan akademis. Kemudahan akses yang tidak dibatasi oleh konektor fisik (kabel) merupakan faktor utama yang membuat teknologi ini semakin populer. Lingkungan akademis sebagai salah satu tempat pengimplementasian teknologi Wi-Fi dapat dimanfaatkan oleh siswa/mahasiswa untuk menunjang proses belajar mereka melalui konsep e-learning. Pihak akademik selaku penyedia teknologi Wi-Fi dapat menggunakan kepuasan pengguna sebagai salah satu indikator keberhasilan dan evaluasi implementasi Wi-Fi. Beberapa faktor seperti kemudahan penggunaan, manfaat yang dirasakan, kualitas layanan, keamanan dan privasi, dan dukungan organisasional dapat digunakan sebagai atribut untuk mengukur kepuasan pengguna dalam memanfaatkan teknologi Wi-Fi.


Full Text:

PDF

References


N. Muda and N. R. M. Suradi, “Factors Affecting Customer Satisfaction of the Wi-Fi Services,” J. Teknol., vol. 60, pp. 57–63, 2013.

S. Taylor and T. Christensen, “What Do Consumers Want from Public Wi-Fi ? Gain Insights from Cisco ’ s Mobile Consumer Authors.” pp. 1–9, 2013.

M. A. Mahmood, J. M. Burn, L. A. Gemoets, and C. Jacquez, “Variables affecting information technology end-user satisfaction: a meta-analysis of the empirical literature,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 52, no. 4, pp. 751–771, Apr. 2000.

R. D. Davis, “Perceived usefulness, perceived ease of use and user acceptance of information technology,” MIS Q., vol. 13, pp. 319– 339, 1989.

B. Szajna and R. W. Scamell, “The effects of information system user expectations on their performance and perceptions,” MIS Q., vol. 17, pp. 493–516, 1993.

Y. Yoon and T. Guimaraes, “Assesing expert systems Impact on user’s job,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 12, pp. 225–249, 1995.

J. Hartwick and H. Barki, “Explaining the role of user participation in information system use,” Manage. Sci., vol. 40, pp. 440–465, 1994.

T. Guimaraes, M. Igbaria, and M. Lu, “The determinants of DSS success: an integrated model,” Decis. Sci., vol. 23, pp. 409–429, 1992.

M. Igbaria, J. Iivari, and H. Maragahh, “Why do individuals use computer technology? A Finnish case study,” Inf. Manag., vol. 29, pp. 227–238, 1995.

Y. Liu, Y. Chen, and C. Zhou, “Determinants Affecting End-User Satisfaction of Information Technology Service,” pp. 2–5, 2006.

V. A. Zeithaml, L. L. Berry, and A. Parasuraman, “The Behavioral Consequences of Service Quality,” J. Mark., vol. 60, pp. 31–46, 1996.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., vol. 12, no. 2, pp. 259–274, 1988.

F. D. Davis, “Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,” MIS Q., vol. 13, no. 3, pp. 319–340, 1989.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.