PEMODELAN PENERAPAN COLLABORATIVE LEARNING BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN IDEF0

Siti Aminah, Ruminto Subekti, Nur Wisma Nugraha

Abstract


Pemodelan penerapan collaborative learning berbasis teknologi informasi bertujuan untuk mempeoleh satu pengertian yang lengkap tentang proses, memperjelas karakteristik dan tujuan penerapan sehingga semua orang yang terlibat didalamnya melihat dengan visi yang sama dan memiliki satu dasar untuk berpijak ketika adanya perbaikan proses.

 

Pemodelan menggunakan Integration Definition Language 0 (IDEF0) merupakan bahasa definisi dan pemodelan grafik (sintak dan semantik) yang menggambarkan suatu metodologi komprehensif untuk membangun model. Hasil pemodelan ini akan diimplementasikan   untuk   diterapkan   dalam   proses belajar mengajar dengan menggunakan metode collaborative   learning   dan   di   akhir   proses   akan dilakukan     evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada mahasiswa dan diukur kepuasan  mahasiswa  terhadap  metode  pembelajaran yang dipakai.

Full Text:

PDF

References


IDEF Integrated Definition Methods, URL: http://www.idef.com, diakses tanggal 29 Oktober 2013.

Aminah, Nurwisma, Ruminto, Pengembangan Kurikulum Berbasis Bidang Kompetensi Logam Mesin dengan pendekatan Enterprise Architecture Planning (Studi Kasus Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika), Jurnal Teknik Industri, Volume V nomor 1, ISSN: 1412-8802, pp 15-22, Maret 2013.

Aminah, Ruminto, Nurwisma, Perancangan Framework Collaborative Learning berbasis Teknologi Informasi, prosiding STEMAN ISBN: 978-979-17047-4-8, 7 Juni, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.