ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CEK KESEHATAN KARYAWAN STUDI KASUS : HIPERKES PT. TIMAH (PERSERO) Tbk PANGKALPINANG DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

Melati Suci Mayasari, Bambang Adiwinoto

Abstract


Untuk menghadapi tantangan dan persaingan didunia kerja dimasa sekarang ini dibutuhkan sinergi perusahaan yang kuat. Dan informasi menjadi salah satu elemen yang bernilai strategis untuk mewujudkan sasaran, tujuan dan misi suatu perusahaan. Sedangkan Sistem cek kesehatan karyawan pada lingkungan kerja hiperkes PT. Timah (Persero) Tbk Pangkalpinang masih menggunakan sistem manual, mulai dari proses pendaftaran, pencatatan pemeriksaan, penyimpanan data sampai pembuatan laporan kesehatan karyawan yang tidak disajikan secara cepat dan akurat. Berdasarkan permasalahan dan perkembangan teknologi sekarang ini, maka penulis merasa diperlukan suatu sistem yang sudah terkomputerisasi yang sesuai untuk mendukung peningkatan proses cek kesehatan karyawan. Adapun metodologi yang digunakan oleh penulis untuk menganalisa, mengembangkan dan merancang sistem informasi cek kesehatan karyawan pada lingkungan kerja hiperkes PT. Timah (Persero) Tbk Pangkalpinang adalah metodologi berorientasi obyek dengan menggunakan Diagram UML seperti Activity Diagram, Usecase Diagram. Dengan sistem yang terkomputerisasi tersebut diharapkan agar dapat mengatasi permasalahan pada sistem yang sedang berjalan sehingga dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan yang cepat dan tepat, mempermudah dan mendukung proses pengecekan kesehatan karyawan serta meningkatkan pelayanan kepada karyawan PT. Timah (Persero) Tbk Pangkalpinang.


Full Text:

PDF

References


Mufti, Dimas Suharja P.P.K, Ferly Pradana, Doni Setiawan, “Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Pada Klinik dan Rumah Bersalin dr. Suzie B.A.S, in Proc. SNASTIKOM 2013 Volume 2, pp. 3-187, Maret 13-14, 2013.

Kadir, Abdul, “Pengenalan Sistem Informasi”, Edisi Pertama, ANDI, Yogyakarta, 2003.

Teguh, Wahyono, “Sistem Informasi : Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi”, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2004.

HM, Jogiyanto, “Sistem Teknologi Informasi”, ANDI, Yogyakarta, 2005.

Sutopo, Ariesto Hadi, “ Analisis dan Design Berorientasi Objek”, J dan J Learning, Yogyakarta, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.