SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMBERIAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

Sinawati Sinawati, Ummi Syafiqoh

Abstract


Clustering adalah salah satu fungsi data mining, yang bertujuan untuk menemukan pengetahuan atau pola berharga dari dataset yang relatif besar, yang sebagian besar dikelola dataset ashistorical dan disimpan dalam database atau Méthodes datawarehouse. Clustering digunakan untuk dataset un - diawasi, dalam data mining conceptscalled sebagai un - diawasi analisis. Ada dua kelompok clustering, metode hierarchical clustering dan metode pengelompokan non hirarkis. K-Means Cluster Analysis dalam metode pengelompokan non hirarki dengan jumlah klaster isalready set dari awal algoritma. metodologi untuk menemukan jarak dari data ke centroid, yang tidak dapat menerapkan untuk biner data, sehingga dalam bidang ini k-means cluster analysis untuk dimodifikasi dengan menggunakan similarity measures, k-means cluster analysis menemukan centroid pertama dengan mengacak dari dataset, di sini k-berarti algoritma analisis cluster akan dimodifikasi dengan dataset diurutkan dan kemudian massa pertama yang dipilih dari basis data mengenai kriteria hasil klaster. Dengan menggunakan kesamaan modifikasi measuresand algoritma analisis k-means klaster, algoritma dapat diimplementasikan dalam penerimaan bantuan biaya pendidikan pada STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati untuk menentuan mahasiswa siapa saja yang berhak untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan.  


Full Text:

PDF

References


Sprague., R.H., dan Carlson 1982, Building Effective Decision Support Systems, Grolier, New Jersey. 2007 [2]

Suryadi., Kadarsah; Ramdhani, Ali, Sistem Pendukung Keputusan, Remaja Rosda Karya, Bandung. 1998.

Agusta, Yudi. Pebruari 2007. “K-Means-Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait”. Jurnal Sistem dan Informatika Vol.3 : 47-60.

Budi Santoso, Data Mining Teknik Dan Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis teori dan praktek, Graha Ilmu , Yogyakarta. 2007.

Feri Sulianta, Dominikus Juju, Data Mining Meramalkan Bisnis Perusahaan PT.Elex Media Komputindo, Jakarta. 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.